ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM Kepala Kantor Basarnas Ternate Fathur Rahman, memimpin apel gelar pasukan di halaman Kantor Basarnas Ternate dalam rangka Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah Jumat, (14/4/2023).

Sebelumnya telah dilakukan Apel Pembukaan Siaga SAR Khusus Lebaran secara daring yang dipimpin secara langsung  Kepala Basarnas RI, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi. 

Dalam sambutannya Henri  menyampaikan, pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah pemudik sebesar 44,79 % dibanding lebaran pada tahun sebelumnya.

“Menyikapi fenomena di atas, Komisi V DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat beberapa saat yang lalu meminta kepada Pemerintah agar mengoptimalkan pengelolaan penyelenggaraan mudik lebaran tahun ini melalui koordinasi dan sinergitas lintas sektoral yang baik,”katanya seperti rilis diterima. 

Secara khusus, DPR juga meminta Basarnas bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait untuk meningkatkan sosialisasi keselamatan dan peringatan dini, serta memaksimalkan quick response time dalam pelayanan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat yang melakukan mudik lebaran.

Kegiatan Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan selama 21 hari dimulai pada tanggal 13 April – 03 Mei 2023. Kegiatan Siaga SAR Khusus Lebaran merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Kepala Basarnas Henri juga memerintahkan agar menempatkan kapal di lokasi-lokasi strategis di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan, dan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan aktif mensosialisasikan dan memonitor keselamatan para  penumpang kapal.

“Waspadai titik-titik simpul kemacetan lalu-lintas, khususnya di ruas jalan tol, sebagai upaya deteksi dini jika terjadi kedaruratan luar biasa menimpa pemudik yang rentan keselamatannya terjebak dalam kemacetan ekstrim, seperti ibu hamil, orang lanjut usia, anak-anak, dan pemudik yang sakit,”ucapnya. 

Sementara itu Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan, bahwa nanti selama dilaksanakannya Siaga SAR Khusus Lebaran ini terdapat posko Siaga Lebaran yaitu di Kantor Basarnas Ternate. 

“Personil yang terlibat akan melaksanakan siaga dan mobile di beberapa titik yaitu Dermaga Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, Pelabuhan Rakyat dufa-dufa ternate, Pelabuhan  Ahmad Yani Ternate, Pelabuhan Armada Semut, Pelabuhan Speedboat Bastiong dan juga Tempat Wisata Jikomalamo Ternate,”ungkap Fathur.

Menurut Fathur, selain di kantor Induk Basarnas Ternate, ada juga Pelaksanaan Siaga sar Khusus juga di Pos Sar Tobelo, Unit Siaga Sar Halsel, Unit Siaga Sar Morotai dan Juga Unit Siaga Sar Sanana.

“Sementara Armada yang disiagakan selama berjalannya siaga sar khusus lebaran 2023 ini yaitu,  Kapal Kn. Sar 237 Pandudewanata yang stay di dermaga ahmad Yani Ternate, Kapal Rescue Boat 309 yang standby di Dermaga Panamboang Bacan, RIB yang standby di Pos sar maupun Unit Siaga, perahu karet serta peralatan sar laut maupun darat lainnya,”tambahnya. (Red) 

 

Bagikan: