ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Midi Siswoko, secara langsung meresmikan Rumah Kebangsaan Rempah Malut, yang berlangsung di Benteng Oranje Ternate Senin, (26/6/2023).

Turut hadir dalam peresmian yakni Gubernur Maluku Utara K.H. Abdul Ghani Kasuba, Irwasda Polda Malut, Pejabat Utama Polda Malut dan Kasrem 152 Babullah serta tamu undangan.

“Rumah kebangsaan ini awalnya merupakan inisiatif dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang tergabung dalam cipayung plus yang mendapatkan respon positif dari bapak Presiden RI,”kata Kapolda

Untuk itu, rumah kebangsaan selanjutnya difasilitasi dalam pendiriannya oleh bapak Kapolri sebagaimana yang tercantum dalam program prioritas Kapolri yakni transformasi Polri menuju Polri yang presisi.

Adapun fungsi Rumah Kebangsaan ini, lanjut Kapolda, sebagai wadah kolaborasi dan kreatifitas bagi para remaja pemuda dan mahasiswa untuk memecahkan berbagai permasalahan anak bangsa yang dapat menimbulkan disintegrasi bangsa dan Negara.

“Disamping itu pendirian rumah kebangsaan selaras dengan visi indonesia emas tahun 2045 yang akan dicapai melalui upaya menjaga persatuan dan kesatuan serta mempersiapkan SDM unggul dengan kemampuan kewirausahaan dan kemampuan kepemimpinannya”ucap Kapolda.

Kapolda menambahkan, dahulu kala wilayah di Malut sudah dikenal sebagai penghasil rempah yang sangat bernilai dan memiliki sejarah panjang dengan budaya yang luhur.

“Maka berangkat dari sejarah dan kearifan lokal tersebut, pendirian rumah kebangsaan di Provinsi Maluku Utara ini dinamai dengan Rempah Malut (Remaja dan Pemuda Harapan Maluku Utara),”tutur Kapolda. (**)

Penulis : Sukur 

Editor : Redaksi

Bagikan: