ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM Hasil Verifikasi Dokumen Administrasi Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Maluku Utara, dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara, hanya terdapat 2 Bakal Calon yang Memenuhi Syarat (MS) dan 15 belum memenuhi Syarat (BMS).

Koordinator Divisi Teknis KPU Malut, Buchari Mahmud, Sabtu (24/6/2023) menyampaikan, setelah hasil Verifikasi Dokumen Administrasi dari 17 Bakal Calon anggota DPD RI dapil Maluku Utara, hanya 2 orang yang Memenuhi Syarat (MS), yakni Rivai Umar dan R. Graal Taliawo.

“Sementara 15 orang Bakal Calon anggota DPD RI dapil Maluku Utara, belum memenuhi Syarat Administrasi dari KPU, mereka diantaranya, Hasby Yusuf, Helmi Umar Muchsin, Hidayat M. Sjah, Ikbal Hi. Djabid, Makmurdin Mus, Namto Roba, Natali Defita Pasimanjeku, Privco Sebastian Bitjoli, Rosiana Syarif, Sahrani Somadayo, Sahrin Hamid, Sallu Ajam, Sarka Eladjouw, Sudjud Siradjuddin, dan Sugeng Cahyono,”katanya usai penyampaian Verifikasi Administrasi di Kantor KPU.

Menurutnya, 15 Bakal calon anggota DPD RI dapil Maluku Utara, yang belum memenuhi Syarat (BMS) itu bervariasi yang harus mereka perbaikan dokumen, terutama pada dokumen model BB.

“Dokumen BB itu seperti Pernyataan Bakal Calon yang memang termuat banyak faktor, seperti Jati diri yang belum berikan tanda centang, belum ditandatangani diatas materai, NIK belum terisi, dan memang hal itu terjadi hampir seluruh 15 Bakal Calon,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Buchari, ada surat bebas Narkoba belum di upload, yang baru ada hanya Surat Kesehatan Kesehatan Sehat Jasmani dan Rohani dan Ijazah, maka itu nanti dilakukan perbaikan oleh 15 bakal calon.

“Memang 15 bakal calon ini tidak banyak lagi melakukan perbaikan dokumen Administrasi ke KPU, perbaikan itu, melalui aplikasi Silon dimulai pada tanggal 26 Juni 2023 sampai pada 9 Juli 2023. Jadi kurang lebih 14 hari perbaikan dokumen Administrasi,” tambahnya. (**)

Penulis : Sukur

Editor : Redaksi

Bagikan: