ads
ads

HALTENG, TERBITMALUT.COMPemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng) Provinsi Maluku Utara, memberikan akses pelayanan Mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M secara gratis kepada Masyarakat di Kecamatan Weda Utara, Kecamatan Weda Timur, Weda Tengah, Kecamatan Pulau Gebe dan Patani Secara Keseluruhan. 

” Jadi memang kita prioritaskan kepada masyarakat biasa yakni pelajar, Mahasiswa orang tua dan anak-anak. Sementara untuk orang dewasa dan ASN belum diprioritaskan untuk mereka,” Kata Kadishub Halteng, Mitha Kapitanhitu saat dikonfirmasi Terbitmalut.com  Minggu, (16/4/2023). 

Menurutnya, mudik gratis akan dilepas secara serentak di hari Selasa, (18/4/2023)  jadi bukan per hari tapi satu hari secara bersamaan, dan kendaraan yang kita siapkan itu sebanyak 25-30 kendaraan. 

“Kendaraannya kita gunakan mobil milik organda, termasuk 2 Kapal Laut seperti Kapal Ferry dan KM Kapal Sunlia untuk Masyarakat Pulau Gebe. Dan KM kapal Sunlia  yang akan berangkat besok malam atau Senin, (17/4/2023) malam, kemudian KM Kapal Ferry Arar yang akan berangkat pada Rabu, (19/4/2023) malam kamis,”ucapnya. 

Saat ini kata Mitha, Pemda melalui Dishub berkolaborasi dengan komunitas Tanjero Foundation telah mendata masyarakat di Kecamatan Weda Utara, Kecamatan Weda Timur, Weda Tengah, Pulau Gebe dan Patani Secara Keseluruhan. 

“Hanya saja datanya kita belum tahu pasti jumlahnya, tapi informasinya yang kita dapatkan sudah banyak yang didata atau mendaftar, kemungkinan besok Senin, (17/4/2023) mereka sampaikan lagi perkembangan jumlah data pemudik lebaran,”ungkapnya. 

Mitha juga menyampaikan, hal ini kita lakukan untuk membantu masyarakat yang mau Mudik lebaran Idul Fitri 1444 H di kampung halaman mereka. Dan memang kegiatan seperti ini baru pertama kali terjadi di Kabupaten Halmahera Tengah termasuk Maluku Utara. 

“Maka itu kita berharap juga, kegiatan ini tidak sebatas tahun ini, tapi harus berkelanjutan setiap tahun atau menjadi agenda paten dari Pemerintah Daerah. Untuk itu, kita juga berharap agar masyarakat bisa menikmati, pulang dengan senyum, pulang dengan bahagia,”tuturnya. 

Mitha menambahkan, untuk Mudik Weda-Patani yang akan di langsung secara serentak di hari Selasa, (18/4/2023) yang  merupakan kerjasama antara Pemda Halteng dan PT IWIP. 

“Sementara untuk Mudik gratis Weda-Pulau Gebe murni dari Pemerintah Daerah Halmahera Tengah dan tidak ada kerjasama dengan pihak manapun,”pungkasnya. (Red/TM) 

 

Bagikan: