ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Keberadaan Pamong Izin Kelurahan untuk melakukan pendampingan perizinan berusaha melalui OSS (online single submission) telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Kota Ternate.

Hal ini disebabkan, karena sekarang masyarakat yang memiliki kendala dalam melakukan proses pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online melalui OSS, tidak perlu lagi jauh-jauh berkonsultasi ke DPMPTSP Kota Ternate.

“Tetapi cukup mendatangi kantor lurah setempat, karena pamong izin kelurahan telah tersedia di seluruh Kelurahan se-kota Ternate,”kata Koordinator Inovasi Pamong Izin Peduli UMKM, DPMPTSP Kota Ternate, Nuryani Amra kepada Terbitmalut.com Sabtu, (9/12/2023).

Menurut Sekretaris DPMPTSP Kota Ternate itu, sejak Pamong Izin Kelurahan dilaunching oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, pada 14 Agustus 2023 lalu, jumlah NIB skala mikro yang diterbit pun meningkat pesat.

“Dalam waktu 3 bulan, pamong izin bergerak 2.024 NIB terbit. Dibandingkan 7 bulan sebelumnya pamong izin kelurahan ada, jumlah NIB skala mikro hanya terbit sebanyak 1.430,”ungkapnya.

Peningkatan jumlah NIB ini, lanjut Nuryani, menunjukkan bahwa pendampingan perizinan yang dilakukan oleh Pamong Izin Kelurahan telah memberikan dampak positif.

“Baik dari segi kemudahan dalam proses perizinan maupun dalam pemberdayaan usaha untuk peningkatan kapasitas UMKM di Kota Ternate,”tambahnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: