ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT. COM – Mewakili Wali Kota, Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly, secara langsung membuka pelaksanaan Musrembang Kecamatan Pulau Moti, yang dipusatkan di Kantor Camat, Kamis (23/2/2024).

Rizal menyampaikan, Musrembang ini merupakan satu tahapan yang memang tidak bisa dihindari, karena tahapan ini bersifat normatif dan Musrenbang menjadi salah satu instrumen yang perlu kita jalani.

“Agar kita bisa pecahkan isu-isu yang ada di Kecamatan Pulau Moti. Salah satunya, peningkatan jalan. Maka sesuai amanat Wali Kota, harus langsung dieksekusi. Bahkan, kita juga telah berdiskusi bersama OPD dan Camat mengenai masalah peningkatan jalan dan hasil diskusi tersebut sama dengan aspirasi masyarakat melalui usulan,”ungkap Sekda.

Selain peningkatan jalan, lanjut Sekda, ada juga Penerangan Jalanan Umum (PJU) sehingga, tahun ini kita akan tambahkan 500 titik atau 500 set dengan kapasitas 250, namun modelnya adalah solar shell yang akan kita berikan 50 set kepada Kecamatan Moti.

“Jadi, apa yang menjadi aspirasi masyarakat Kecamatan Moti untuk prioritas kedua ini Insha Allah bisa kita realisasikan. Termasuk, penyediaan ambulance laut di tahun 2025,”ungkap Rizal.

Menurut Rizal, Musrenbang ini bukan hanya sekadar diskusi atau mengobral janji, tetapi ini merupakan salah satu komitmen Wali Kota Ternate, untuk prioritas keempat yakni air bersih, diminta kepada pihak PDAM untuk mempelajari pola penanganan air bersih untuk Kecamatan Moti, juga kepada Lurah setempat untuk memberikan data yang relevan terkait permasalahan ini.

Selain itu, terkait dengan ambulance darat juga merupakan bagian dari komitmen Wali Kota Ternate, dimana pada tahun 2023 sudah ada penyediaan 9 unit dan di tahun 2025 nanti akan ada penyediaan ambulance laut untuk Kecamatan Moti.

“Maka berbicara tentang perencanaan pembangunan, kita butuh fokus terhadap satu-satu permasalahan agar penanganannya lebih terarah dan tepat sasaran. Sehingga, Saya berharap di tahun 2025, Kecamatan Moti sudah ada ambulance laut,”harap Sekda.

Mantan Kepala Bappelitbangda Kota Ternate itu menambahkan, salah satu pesan yang ditekankan Wali Kota Ternate terkait dengan penyediaan 1 (satu) mobil berjenis pick up yang diperuntukkan kepada anak sekolah yang tinggal jauh dari sekolah.

Untuk mengenai pengembangan aparatur atau pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di lingkup Kecamatan Moti, sudah ada 9 orang yang masuk kedalam SK Pegawai Tidak Tetap (PTT) Tahun 2024.

“Tinggal nanti diarahkan kepada para PTT tersebut terkait tugas yang harus mereka kerjakan. Wali Kota juga menyampaikan, mengenai seleksi Paskibraka agar nantinya diharapkan ada perwakilan dari Kecamatan Moti untuk mengikuti seleksi,”jelasnya.

“Selanjutnya, terkait dengan pariwisata, Sekda pun berharap kepada OPD terkait untuk buat perencanaan, kemudian kemas wisata di Kecamatan Moti ini menjadi sesuatu yang bernilai,” sambung Sekda mengakhiri.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Ternate didampingi Kepala BKPSDM Kota Ternate menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kecamatan Pulau Moti. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: