ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Maluku Utara, Thamrin Marsaoly menghimbau kepada kelompok tani yang ada di Kota Ternate untuk menanam komoditas yang tepat sesuai dengan kondisi cuaca.

“Karena memang sesuai informasi cuaca dari BMKG saat ini masih di posisi el nino. Dan sebanyak 200 kelompok yang kita advokasi terdapat kelompok tani yang menanam tanaman sayuran atau hortikultura, itupun di wilayah berdekatan dengan sumber air misalnya berdekatan dengan PDAM dan sumur,”katanya Selasa, (24/10/2023).

Menurut Thamrin, sementara kelompok tani yang agak jauh di lereng gunung, kita sudah hentikan mereka untuk tidak lagi menanam tanaman hortikultura atau sayuran, karena airnya sulit dan hal itu kita sudah komunikasi dengan semua penyuluh.

“Kemudian kurang lebih lahan 10 hektar kita sudah siapkan beberapa titik yang tersebar untuk petani, agar mereka menanam bawang. Dan sekarang ini lahannya sudah dalam tahapan pembersihan, sisa menunggu hujan langsung ditanam,”ucap Thamrin.

Kenapa harus tanam bawang, lanjut Thamrin, karena bawang ini 2-3 bulan baru panen, artinya pada saat ditanam awal November maka di bulan akhir Desember 2023 sudah bisa dipanen dan stoknya ada, apalagi natal dan tahun baru (Nataru).

“Memang dengan lahan 10 hektar itu tidak cukup, tapi paling tidak bisa membantu ketersediaan stok. Kemudian selain bawang, ada juga tomat dan cabe atau rica, terutama rica besar dan tomat alhamdulillah ada stoknya dan harganya masih terjangkau,” ungkap Thamrin.

Thamrin menambahkan, Dinas Pertanian memang sudah melakukan kerjasama dengan BMKG, sehingga BMKG selalu menyampaikan informasi terkait cuaca dalam setiap bulan.

“Sehingga, penyuluh kita juga sudah tahu informasi cuaca, maka mereka lah yang menyampaikan ke kelompok tani, komoditas mana yang cocok ditanam itu apa,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: