ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pendaftaran calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) melalui Aplikasi Transparansi Paskibraka tingkat Kota Ternate, Maluku Utara tahun 2024 capai 410 orang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Kesbangpol Kota Ternate, Adnan Mukadim saat ditemui di ruang Kerjanya Senin, (4/3/2024).

Menurut Adnan, untuk verifikasi faktual berkas calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sudah ditutup pada Minggu, 3 Maret 2024. Karena, pendaftarannya menggunakan sistem online.

“Jadi jumlah calon Paskibraka tingkat Kota Ternate sudah sebanyak 410 peserta yang tersebar di SMA/SMK/MA Sederajat yang di Kota Ternate, termasuk Batang Dua, Moti dan Pulau Hiri,”ungkapnya.

Dikatakan Adnan, dari jumlah 410 orang yang mendaftar itu akan dilakukan penelitian administrasi berkas, untuk melihat seberapa banyak peserta ini memenuhi standar dan kriteria.

“Jadi untuk Paskibraka tingkat Kota Ternate hanya 60 orang dan hasil penelitian administrasi berkas akan disampaikan setelah Sekretaris Panitia yang juga Kaban Kesbangpol Kota Ternate, Nuryadin Rahman tiba di Ternate, karena saat ini beliau lagi di luar daerah,”tuturnya.

Setelah pengumuman penelitian administrasi berkas, tahap selanjutnya akan dilakukan seleksi yang akan dibuka secara langsung oleh Wali Kota, atau diwakili Sekda Kota Ternate, jika Wali Kota berhalangan.

Jadi, setelah dibuka, akan dilakukan Assisted Test (CAT) ujian terbuka secara online antara lain tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), yang dilakukan secara terbuka melalui akun resmi calon peserta yang sudah disinkronisasikan melalui Aplikasi Perisai.

“Dan tes Kesehatan, Peraturan Baris Berbaris, Parade dan tes yang terakhir untuk peserta calon Paskibraka adalah Samapta dan Wawancara,”tambahnya.

Perlu diketahui, anggaran Seleksi Paskibraka tingkat Kota Ternate tahun 2024 sebesar Rp. 1,1 miliar. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: