ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Kota Tidore Kepulauan akhirnya kembali meraih penghargaan Anugerah Piala Adipura Tahun 2023 yang diserahkan di Tahun 2024, setelah beberapa tahun sebelumnya tidak dilaksanakan penilaian Adipura akibat Covid-19 melanda Indonesia.

Kota yang dipimpin Wali Kota, Capt. H. Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen, tersebut meraih Piala Adipura bidang lingkungan hidup dan kebersihan untuk kali ke-10 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sebelumnya, Kota Tidore Kepulauan telah menerima sembilan kali penghargaan Adipura.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim, menerima secara langsung Piala Adipura tersebut di Kantor Kementerian LHK dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Selasa (5/3/2024).

Kota Tidore Kepulauan menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Maluku Utara yang meraih Adipura 2023 bersama 106 kabupaten dan kota di Indonesia yang juga meraih Adipura yang diserahkan di tahun 2024. Kota Tidore Kepulauan dinilai mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik.

Wali Kota, Capt. Ali Ibrahim di sela-sela penerimaan piala Adipura, menyampaikan, penghargaan dan terima kasih atas kerja keras dan kerjasama seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang berhasil menata dan menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan hidup sehingga kembali meraih penghargaan Adipura.

“Syukur alhamdulillah, Kota Tidore kembali meraih Piala Adipura 2023 di tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup. Saya dan Wakil Wali Kota menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tidore atas kerja keras dan kerjasamanya sehingga membuahkan prestasi terbaik,”ucapnya.

Ali Ibrahim mengungkapkan, bahwa penghargaan ini dia persembahkan sebagai hadiah untuk seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan, termasuk para ASN, Non ASN, para Lurah, Kades, terutama khusus kepada para petugas penyapu jalan, petugas sampah dan petugas kebersihan

“Di tahun terakhir masa kepemimpinan saya bersama pak wakil Wali Kota hingga Desember 2024 mendatang, kami persembahkan prestasi berupa Piala Adipura 2023 ini kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan, terutama khusus kepada para petugas penyapu jalan, petugas sampah dan petugas kebersihan,”tutur Ali.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Syarif menyampaikan, penghargaan dan apresiasi kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekda yang memberikan perhatian dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya membangun Kota Tidore yang bersih, aman dan berkelanjutan.

“Terima kasih juga kepada pimpinan OPD yang bekerja sama dengan baik dalam membangun Kota Tidore yang Jang Foloi,”kata Syarif.

Penyerahan Penganugerahan Adipura 2023 yang dipusatkan di Auditorium DR. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta Pusat tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

Orang nomor dua di Indonesia tersebut meminta agar penyelenggaraan penghargaan Adipura sebagai salah satu medium afirmatif atas upaya mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan di Indonesia, terus diperkaya dengan ragam inovasi sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan.

Sebelumnya Kota Tidore Kepulauan telah meraih Sembilan kali Piala Adipura Kategori Kota Kecil Terbersih se-Indonesia dari Presiden RI, masing-masing delapan kali berturut-turut yaitu tahun 2009 sampai dengan 2016 serta 2018 dan 2024. (**)

Penulis : Hartini 

Editor : Sukur 

Bagikan: