ads
ads
ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) intens mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi mingguan yang dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir.

Rakor tersebut diikuti oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam bersama TPID Kota Tidore Kepulauan secara virtual di ruang rapat wali kota, Senin (27/5/2024).

Dalam Rakor tersebut, Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri (Sekjen) RI, Tomsi Tohir menyampaikan, Mendagri menekankan terkait pengendalian inflasi, sehingga kepala daerah harus mempunyai konsep secara utuh dalam menganalisa dan mencari solusi yang lebih konkrit dalam upaya menekan inflasi.

“Karena berdasarkan pemantauan harga sampai Minggu keempat di bulan Mei 2024, perbandingan harga beberapa komoditas pangan bulan Mei dengan April 2024 cenderung pada kisaran yang tetap dengan sedikit fluktuasi, dan perbandingan harga bawang merah dan cabai merah di bulai mei mengindikasikan potensi inflasi dari dua komoditas ini, meskipun terlihat tren penurunan dari Minggu ke Minggu di bulan Mei 2024,”ungkapnya.

Sementara, Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam mengatakan, secara nasional ada beberapa kebutuhan bahan pokok yang terus mengalami kenaikan misalnya Cabe Merah, Bawang Merah dan Telur

“Oleh karena itu, pihak kemendagri meminta perhatian serius kepada Kepala Daerah untuk mengambil langkah-langkah terkait dengan hal tersebut serta diharapkan untuk konsen terhadap gerakan menanam,”jelasnya usai mengikuti Rakor.

“Untuk itu, pemda tetap melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memantau dan melihat secara langsung terkait dengan harga reel di kebutuhan masyarakat,”tambahnya. (**)

Penulis : Hartini

Editor : Sukur

Bagikan: