ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) kembali mendulang prestasi penganugerahan Meritokrasi KASN 2023 kategori Baik dengan indeks Sistem Merit 263 di penghujung tahun 2023, di bawah kepemimpinan Walikota Capt H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Sinen.

Anugerah Meritokrasi Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN itu, diberikan kepada Instansi Pemerintah Kategori Sangat Baik dan Baik pada 174 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, di Kraton Grand Ballroom, Yogyakarta Marriott Hotel, Kamis (7/12/2023).

Sekda Tikep, Ismail Dukomalamo dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan masuk ke dalam salah satu dari 31 Pemerintah Kota seluruh Indonesia yang mendapat Anugerah Meritokrasi 2023 oleh KASN.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan apresiasi tinggi terhadap keberhasilan instansi dalam menerapkan sistem merit, serta untuk mendorong konsistensi penerapan sistem merit instansi agar terus terjaga.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap instansi yang telah menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen ASN, Pengisian JPT secara terbuka, dan Penerapan Norma Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku ASN secara konsisten juga untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah supaya melakukan percepatan sistem merit,”jelas Sekda.

Lebih lanjut, Ismail menambahkan, kebutuhan akan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional menjadi hal tak terelakkan dalam menciptakan birokrasi yang handal dan berkualitas. Maka dari itu, perlu diterapkan sistem merit yang baik di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam mengakselerasi implementasinya.

“Keberhasilan instansi Pemerintah Tidore Kepulauan dalam mencapai penerapan sistem merit kategori Baik merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran di instansi Pemerintah Kota Tidore yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN-nya,”ungkap Ismail.

Selain itu, Sekda mengatakan, keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit.

Olehnya itu, melalui Penghargaan ini Ismail berharap dapat menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Penilaian sistem merit ini menjadi hal yang penting dalam memperbaiki kinerja ASN. Oleh karena itu, penguatan kebijakan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit, menjadi sangat penting dalam upaya mendorong perbaikan pelayanan ASN pada Masyarakat Kota Tidore Kepulauan melalui core value Berakhlak sehingga terciptanya SDM ASN yang andal,”ucap Ismail. (**)

Penulis : Adi

Editor : Sukur 

Bagikan: