Menu

Mode Gelap

Tidore · 15 Sep 2023 08:38 WIT ·

Pemkot Tikep Tetap Dukung Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Para Pekerja di Lingkup Pemerintah


 Foto Bersama Usai Sekda Tikep Ismail Dukomalamo, menerima Kunker dari Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Maluku Utara, Arief sabara bersama rombongan di ruang kerjanya, Jumat (15/9/2023). Dok. Humas Pemkot Tikep Perbesar

Foto Bersama Usai Sekda Tikep Ismail Dukomalamo, menerima Kunker dari Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Maluku Utara, Arief sabara bersama rombongan di ruang kerjanya, Jumat (15/9/2023). Dok. Humas Pemkot Tikep

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sangat mendukung terkait dengan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi para pekerja di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, saat menerima kunjungan kerja dari Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Maluku Utara, Arief sabara bersama rombongan di ruang kerjanya, Jumat (15/9/2023).

Sekda mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan ini memang sangat penting bagi para pekerja apalagi para pekerja rentan namun juga harus disesuaikan dengan keuangan Daerah.

“Pada prinsipnya Pemerintah Daerah mendukung terkait dengan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, namun kita akan sesuaikan dengan keuangan daerah sehingga ini akan bertahap, karena ada beberapa dinas yang telah menganggarkan anggaran terkait Jaminan sosial Ketenagakerjaan tersebut,”kata Ismail

Ismail juga menambahkan, kedepan nantinya akan diinstruksikan kepada para Kepala Desa bahwa melalui dana desa bisa dianggarkan anggaran jaminan sosial Ketenagakerjaan ini bagi para perangkat Desa, pekerja rentan, Nelayan maupun pekerja lainnya di desa masing-masing.

“Insya Allah untuk di desa sendiri, kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait sehingga ini bisa terealisasi di setiap desa yang ada di Kota Tidore.”ungkap Sekda.

Sementara, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Maluku Utara, Arief Sabara mengatakan, kunjungan kerja ini sebagai bentuk silaturahmi dengan Pemerintah Daerah agar bagaimana ke depan untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja rentan di Kota Tidore.

“Kami berterima kasih kepada pak sekda yang telah menerima kunjungan ini dengan baik, dengan harapan ke depan masyarakat pekerja rentan di Kota Tidore bisa mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut meskipun prosesnya bertahap,”katanya.

Arif juga menjelaskan, pekerja rentan merupakan pekerja yang memiliki pendapatan dan kondisi hidup yang rendah dan tidak stabil sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap kemiskinan dan masalah sosial lainnya.

Sehingga, program jaminan sosial ketenagakerjaan ini, berperan dalam memberikan perlindungan sosial agar tidak menimbulkan angka kemiskinan baru dalam masyarakat.

“Para pekerja rentan yang memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini dapat mengklaim jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan kerja dan kematian, jika seorang pekerja meninggal maka akan diberikan santunan serta beasiswa kepada dua orang anak mulai dari TK hingga Kuliah,”pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam pertemuan itu, turut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tidore Ruslan W. Yunus dan Kepala Tata Pemerintahan Setda Kota Tidore Zulkifli Ohorella. (**)

Penulis : Hartini

Editor : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wakili Wali Kota, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Hadiri Pelantikan PMII Kota Tikep

1 Maret 2024 - 12:35 WIT

DPMPTSP Kota Tikep Buat Syukuran Pemindahan Kantor Baru

1 Maret 2024 - 08:18 WIT

Sekda Tikep Buka Rakor Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa

29 Februari 2024 - 12:09 WIT

Wali Kota Tikep Terima Kunker Ketua Sinode Gereja Masehi Injil Halmahera Provinsi Maluku Utara

29 Februari 2024 - 06:49 WIT

Sebanyak 83 Putra dan Putri dari SMA/MA Se-Kota Tidore Kepulauan Ikuti Seleksi Paskibraka

29 Februari 2024 - 01:26 WIT

Pemkot Tikep dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Malut Teken MoU Pengelolaan Keuangan

28 Februari 2024 - 04:47 WIT

Trending di Tidore