TERNATE, TERBITMALUT.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Maluku Utara, Dr. Rizal Marsaoly mengatakan, gaji para ASN sudah mulai dibayarkan hari ini Senin, (15/1/2024). Bahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2024 sudah mulai jalan.

“Gaji ASN sudah mulai dibayarkan tadi dan DPA 2024 juga sudah dimulai di print. Dan sehari dua, kita sudah mulai bayar tunjangan profesi guru (TPG) Kota Ternate,”kata Rizal saat berada di halaman Kantor Wali Kota Ternate Senin, (15/1/2023).

Menurut Rizal, untuk pihak ketiga Wali Kota juga sampaikan agar dibayarkan pada Minggu ketiga Januari 2024 ini.

“Tinggal dibayarkan saja, karena mekanisme ini harus dilakukan permintaan atau permohonan lagi ke Kementerian Keuangan dan itu terjadi seluruh Indonesia khusus Rekening yang masuk ke Bank Indonesia (BI),”ungkapnya.

Karena pihak ketiga ini, lanjut Rizal, hutang dari tahun 2023 dan kegiatan yang bersifat luncuran. Jadi ini sama, karena saya juga sempat cek di Kabupaten Halmahera Utara itu, kurang lebih Rp. 300 miliar untuk luncuran, dan itu sangat besar.

“Kalau di Kota Ternate hanya puluhan Miliar saja, dan semoga irama anggaran ini insya allah kita masih bisa kontrol, semoga berjalan dengan baik,”harap Sekda.

Terpisah, Kepala Bidang Kas Daerah (Kasda) BPKAD Kota Ternate, Amiruddin Abd. Hamid mengatakan, insya allah hari ini sudah bisa dibawakan ke bank untuk dilakukan pembayaran gaji.

“Walaupun masih ada kendala di aplikasi, dan yang terpenting OPD-OPD sudah memasukkan permintaan pembayaran gaji. Karena total gaji saja kurang lebih Rp. 23 miliar untuk bulan Januari 2024,”ungkapnya saat diwawancarai Terbitmalut.com di kantor BPKAD Kota Ternate.

Menurut Amiruddin, kemarin kita mengalami kendala di Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) ke SIPD RI. Sehingga, tahapannya harus kita lalui atau menyesuaikan.

“Kalau tidak ada kendala, maka gaji sudah bisa dibayarkan. Karena, kita hanya kendala di aplikasinya saja,”bebernya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: