ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate Maluku Utara, M. Tauhid Soleman secara resmi menutup Musrenbang Komunitas atau Ternate Youth Planner ke-II tahun 2024 di Grand Fatmah pada Sabtu (9/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota menceritakan bahwa di saat ia diundang menjadi narasumber tentang kebudayaan di beberapa daerah, selalu menjagokan ide dan gagasan yang dilahirkan melalui Musrenbang Komunitas.

Sebab, kata Tauhid, Musrenbang Komunitas yang dibuat oleh Bappelitbangda itu menjadi salah satu perencanaan andalan Pemerintah Kota Ternate. Bahkan juga mengusulkan kepada Dewan Kesenian dan Kebudayaan membuat Musrenbang Komunitas untuk membahas dana abadi kebudayaan.

Menurutnya, usulan itu saat saya diundang sebagai narasumber dalam rapat kerja dana abadi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud-Ristek RI pada Tahun 2023 di Jakarta. Usulan itu pun diterima oleh Dewan Kesenian dan Dewan Kebudayaan, untuk dibahas.

“Karena dalam rapat Kerja Nasional Dewan Kesenian dan Dewan Kebudayaan, membahas terkait dana abadi kebudayaan. Dana itu pemerintah belum sepakati dan regulasi juga belum. Untuk meletakan dana tersebut sesuai porsi dan regulasi, maka saya usulkan bahwa dana abadi yang bisa kita lakukan harus melalui Musrenbang Komunitas. Kemudian usulan itu diterima oleh Dewan Kesenian dan Kebudayaan,”tuturnya.

Bukan saja di Rapat Kerja Dewan Kesenian dan Kebudayaan, Tauhid juga terus jagokan Musrenbang Komunitas di beberapa tempat seperti Rapat Kerja Nasional Riset di Banjarmasin dan Kongres Kebudayaan.

“Tentu sangat bangga, karena ide dasar dari serpihan-serpihan pemikiran dari adik-adik komunitas. Saya selalu menceritakan keunggulan dari Musrenbang ini dibeberapa daerah saat saya diundang sebagai Narasumber,”terangnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: