ads
ads

LABUHA, TERBITMALUT.COM — Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut) patut diwaspadai karena situasinya semakin tidak terakses oleh Saksi Partai Politik (Parpol).

Wasekjen DPP Partai Golkar, Drs. Edi Langkara menyampaikan, Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) telah memasuki ambang misteri.

Karena, sembilan (9) daerah dari sepuluh (10) Kabupaten Kota saat ini sedang ramai dan berdinamika tentang proses perhitungan dan tabulasi hasil pencoblosan pemilu tanggal 14 Februari 2024.

“Dan kini, memasuki hari ke 13 dengan semua dinamikanya. Sementara itu, di kabupaten Halmahera Selatan jauh dari dinamika. Maka, ada apa dengan halsel ?. Pertanyaan ini perlu dijawab oleh para aktivis politik daerah dan pemerhati pemilu,”tuturnya kepada Terbitmalut.com Selasa, (27/2/2024).

Menurut mantan Bupati Halmahera Tengah itu, sejauh ini, Halsel sangat tertutup dari akses informasi. Bahkan Saksi partai politik juga tidak diberikan plano.

Tidak hanya itu saja, bahkan cerita para saksi dijanjikan plano perhitungan form C Hasil untuk di kasih, namun kenyataan para saksi kehilangan akses. Dan bertemu pun tidak pada rana publik/terbuka, melainkan di ruang-ruang terbatas dan hadir hanya pada pihak-pihak tertentu.

“Terkait itu, Penyelenggara pemilu khususnya Bawaslu diminta harus ekstra melakukan pengawasan. Seluruh perangkat sistem pengawasan harus dioptimalkan guna lahir pemilu yang demokratis, serta lahirlah orang-orang yang benar-benar dipilih oleh rakyat,”tegas Elang sapaan akrab Edi Langkara. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: