ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara, mulai melakukan distribusi logistik Pemilu, berupa surat suara Selasa, (12/12/2023).

Surat suara yang didistribusi seperti surat suara untuk Pilpres, DPD-RI, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

Ketua KPU Maluku Utara, Pudja Sutamat mengatakan, total surat suara Pemilu 2024 untuk Maluku Utara sebanyak 4.875.200 lembar.

“Jumlahnya 4.875.200 lembar, dan logistik yang lain masih dalam proses pengiriman. Kalau bilik dan logistik yang lain sudah di distribusi,”tutur Pudja.

Jumlah surat suara untuk maluku utara, lanjut Pudja, sudah sesuai dengan jumlah DPT di maluku utara sebanyak 953.978 pemilih ditambah dengan 2 persen per TPS.

“Total surat suara, sudah termasuk dengan plus 2 persen per TPS. Karena, maluku utara kan ada 4.192 TPS,”jelasnya.

Ketua KPU menambahkan, surat suara ini setelah tiba di masing-masing kabupaten kota, akan ada proses sortir hingga pelipatan. Untuk itu, saya berharap dua hari sebelum pencoblosan semua proses sortir hingga pelipatan sudah selesai dilakukan oleh KPU di kabupaten kota.

Memang, di maluku utara, ada tiga titik pendistribusian, yakni jalur Kota Ternate, Tobelo dan Bacan.

“Jalur Kota Ternate itu meliputi Tidore, Halbar, Haltim, Halteng, Morotai, Sula dan Talibu. Untuk Halut dan Halsel itu kapal langsung ke Tobelo dan Bacan,”ungkapnya.

“Surat suara ini dicetak di Klaten, Jawa Tengah, diangkut menuju Pelabuhan Tanjung Perak barulah ke Ternate. Tapi untuk Halut dan Halsel itu langsung dari Tanjung Perak ke Tobelo dan Bacan,”sambungnya.

Untuk hari ini pendistribusian pertama ke KPU Kota Ternate dan KPU Kota Tidore Kepulauan. Pendistribusian, kata Pudja, dikawal langsung oleh Bawaslu dan pihak kepolisian.

“Hari ini kita distribusi ke KPU Kota Ternate dan Tidore. Karena jalurnya dekat, maka yang lain disesuaikan dengan proses pembongkaran kontainer. Kita agak kesulitan itu ke Sula dan Taliabu, karena menyesuaikan jadwal kapal feri,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: