ads
ads
ads
ads

Seluruhnya saya perintahkan untuk tetap berjaga selama peningkatan aktivitas Gunung Ibu dalam status Awas Level IV

 

JAILOLO, TERBITMALUT.COM – Guna memastikan penanggulangan bencana berjalan dengan baik, Danrem 152/Babullah, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga melakukan peninjauan di daerah terdampak erupsi Gunung Ibu, Halmahera Barat pada Minggu, (19/5/2024) kemarin.

Pada saat di lokasi, Danrem langsung mengecek kesiapan jajarannya seperti Pos Kesehatan, Dapur Lapangan, Kesiapsiagaan Babinsa di lokasi terdampak serta mendengarkan kendala-kendala yang dihadapi.

“Kita ingin memastikan seluruh komponen yang dikerahkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengamankan masyarakat dari bahaya erupsi Gunung Ibu,”ujarnya.

Danrem juga mengunjungi pos pengamatan Gunung Ibu dan sempat berkomunikasi dengan Ketua Tim Sofyan Trimulyana guna menanyakan terkait perkembangan gunung Ibu yang saat ini masih mengalami peningkatan aktivitas.

Selanjutnya, ia meninjau lokasi pengungsian yang tersebar di 3 Titik diantaranya Desa Tongute Ternate Asal, Desa Gamici, dan Desa Tingute Sungi di Kecamatan Ibu termasuk 1 titik cadangan di Desa Talaga.

Bahkan, Danrem sempat berdialog dengan beberapa pengungsi guna menanyakan mengetahui keinginan maupun apabila adanya kesulitan masyarakat yang dihadapi.

Karena mengingat hingga hari ini tercatat 1.554 jiwa yang berasal dari 7 Desa yakni Desa Duwono, Desa Tokowoko, Desa Goin, Desa Sangadji Nyeku, Desa Tuguis, Desa Soa Sangadji dan Desa Tiga Sodara telah berada di lokasi pengungsian.

Danrem menambahkan, TNI saat ini berkolaborasi dengan seluruh komponen dalam rangka penanggulangan bencana erupsi Gunung Ibu, yang menitik beratkan kepada keselamatan warga dan kenyamanan di tenda pengungsian.

“Kita telah menyebar Babinsa di lapangan guna memantau situasi di wilayah, menyiapkan kendaraan untuk proses evakuasi, mendirikan posko kesehatan dan dapur lapangan. Seluruhnya saya perintahkan untuk tetap berjaga selama peningkatan aktivitas Gunung Ibu dalam status Awas Level IV,”pungkasnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: