ads
ads
ads
ads

LABUHA, TERBITMALUT.COM— Pemerintah Desa Mano, Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan menyalurkan  4.240 pohon bibit pala kepada 10 kelompok tani dengan jumlah penerima 106 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Desa Mano, Fahrudin La Maca mengatakan, pengadaan bibit pohon pala sudah melalui kajian Musyawarah Desa (Musdes) dan disetujui anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD) di tahap II.

“Karena selain nelayan, sebagian besar masyarakat Desa Mano merupakan petani, maka pohon pala juga berpotensi menjadi komoditas untuk mendukung ketahanan pangan desa dan meningkatkan sektor ekonomi warga desa di masa depan,”kata Kades saat ditemui Terbitmalut.com, sabtu (7/10/2023).

Dikatakannya juga, syarat warga untuk mendapatkan bibit pala sangat mudah, cukup menjadi anggota kelompok tani atau paling tidak memiliki kelompok tani aktif, dan yang benar-benar masyarakat desa Mano atau yang telah berdomisili selama 6 bulan.

“Jadi persyaratannya harus kelompok tani atau anggota kelompok tani aktif yang benar-benar masyarakat desa Mano,”ungkapnya.

Fahrudin  juga menambahkan,  setelah penyerahan, kita akan mengarahkan seluruh RT untuk mengawasi kelompok tani yang sudah menerima bibit pala, agar selalu dicek aktivitasnya untuk menjaga terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan, seperti bibit pala tersebut diperjual belikan.

“Jadi nanti selalu di awasi oleh ketua RT, jika kedapatan ada oknum yang memperjual belikan, nanti  diberikan sangsi pengembalian berupa pembayaran ganti rugi serta di ganti namanya ke penerima yang lain,”tegas Kades.

Menurutnya, Pemerintah Desa sedang gencar melaksanakan penyuluhan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan tanaman pala. Sebab, komoditas tersebut dapat meningkatkan sektor ekonomi warga.

Sementara ketua TPK Desa Mano, La Ode Wandi, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa mereka telah melakukan pembagian sejak kemarin Jumat 6 Oktober 2023. Sehingga kita berharap pembagiannya didistribusikan dengan baik, tepat sasaran sesuai kebutuhan warga setempat. Karena nanti akan pengadaan pupuk untuk perawatannya.

“Alhamdulillah, sejak kemarin hingga hari ini telah pembagian untuk penerima 106 KK dari 4.240 pohon pala, setiap KK mendapatkan 40 pohon bibit pala,”pungkasnya. (**)

Penulis : Zrikun

Editor   : Sukur 

Bagikan: