ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Setelah melakukan pencarian selama 5 (lima) hari, Tim SAR Gabungan dibantu masyarakat berhasil mengevakuasi korban penumpang speed yang terjatuh di perairan Tidore pada Jumat (26/1/2024) lalu dalam kondisi meninggal dunia.

Pihak Basarnas Ternate pertama kali menerima informasi tersebut Selasa, (30/1/2024) pukul 09.10 WIT melalui pesan berantai WA bahwa bapak Sanusi Mustafa (Nelayan Desa Gunange) menemukan sesosok jenazah tanpa identitas di perairan antara Pulau Kayoa dan Pulau Gunange, Kabupaten Halmahera Selatan.

Hal tersebut, karena posisi bapak Sanusi seorang diri, maka beliau memutuskan untuk kembali ke Desa Gunange guna melaporkan penemuan tersebut kepada masyarakat dan pemdes setempat. Selanjutnya masyarakat nelayan Desa Gunange langsung bergerak bersama-sama menuju lokasi penemuan jenazah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman menyampaikan, setelah menerima info tersebut, saya memerintahkan Tim yang saat itu sedang melakukan pencarian di Perairan Pulau Moti untuk segera bergerak menuju Perairan Pulau Gunange, pada Koordinat penemuan jenazah berada pada 0°0’3.29″N / 127°17’27.42″T dgn jarak 38.63 NM dan radian 185.33° dari lokasi jatuhnya penumpang speed di Perairan Tidore.”

“Pada pukul 10.55 WIT, Tim SAR Gabungan dengan menggunakan RIB 04 Basarnas Ternate tiba di lokasi penemuan jenazah dan langsung melakukan transfer jenazah dari long boat nelayan ke atas RIB 04 Basarnas. Selanjutnya Tim SAR Gabungan membawa jenazah tersebut ke Pulau Makian untuk dilakukan kroscek dengan pihak keluarga penumpang yang terjatuh dari speed”,tutur Fathur.

Selanjutnya, Tim SAR Gabungan tiba di Dermaga Pulau Makian. Dan setelah dilakukan pengecekan, terkonfirmasi bahwa jenazah tersebut merupakan bapak Abdullah Hi Talib penumpang speed yang terjatuh ke laut di perairan Pulau Tidore. Dan Jenazah pun langsung diserahkan kepada pihak keluarga.

“Dengan telah ditemukannya korban dalam keadaan meninggal dunia, maka Tim SAR Gabungan melaksanakan dibriefing pengakhiran Operasi SAR. Operasi SAR terhadap Kecelakaan Kapal 1 (satu) orang penumpang speed Sinar Moti Makian terjatuh ke laut di Perairan Tidore dinyatakan selesai dan ditutup,”tambah Fathur.

Korban bernama Abdullah Hi. Talib (69 tahun), alamat Makian. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: