ads
ads

HALSEL, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Desa Mano Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan. Sukses merealisasikan program desa melalui dana desa (DD) tahap II sebesar Rp. 317.000.000 atau 30 persen tahun 2023 dan 40% yang bersumber dari Anggaran Program Belanja Negara (APBN).

Direalisasikan sesuai dengan Program desa melalui Musyawarah Desa (Musdes), Pemdes Mano berhasil melaksanakan berbagai program pengadaan demi keberlangsungan serta kesejahteraan masyarakat, fisik maupun non fisik.

Pemdes Mano merealisasikan pengelolaan DD tahap II 2023 dengan berbagai pengelolaan program Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) diantaranya pengadaan satu unit motor roda tiga viar, pengadaan bibit anakan pohon pala untuk 10 kelompok petani, serta peremajaan jalan tani.

Pengadaan 28 ball tali rumpon dan peremajaan tambak perahu untuk kelompok nelayan. Pengadaan material persiapan pekerjaan jalan rabat beton. Pengelolaan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pengelolaan kesejahteraan PKK. Pembagian BLT tahap II, serta program-program Kepemudaan.

Kepala Desa Mano, Fahrudin La Maca saat diwawancarai mengatakan, secara transparansi pengelolaan Dana Desa (DD) tahap II 2023 semuanya telah terealisasikan secara merata.

“DD tahap II kami telah realisasikan 4.240 anakan bibit pala, dan telah tersalurkan kepada 106 KK dari kelompok tani. Mengadakan transportasi darat motor viar roda tiga, diperuntukan untuk masyarakat khususnya petani, serta peremajaan jalan tani,” katanya Rabu, (11/10/2023) kemarin.

Adapun untuk nelayan, lanjut Kades yaitu pembagian 28 tali rumpon dan sudah serah terima, dan perbaikan tambak perahu.

Dikatakan Kades, selain kesejahteraan petani dan nelayan, pemdes Mano, juga melaksanakan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berupa penambahan freezer pendingin hasil tangkap ikan tuna, yang bekerja sama dengan PT. Perikanan Indonesia (Perindo) Panamboang dan Perlengkapan peralatan UMKM yang berlokasi di depan dermaga desa Mano.

“Untuk pengelolaan kelompok PKK, seperti program pengelolaan pemberdayaan keagamaan, keolahragaan, dan bakti sosial jumat pagi sudah berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Untuk kepemudaan, Kades menambahkan, setiap tahun pada bulan Agustus dilaksanakan kegiatan memperingati HUT RI dari kepemudaan, dan di DD tahap II 2023 sudah serah terima dana pengelolaan bersama bendahara pemuda dan sudah dilaksanakan kegiatan program-program kepemudaan.

“Jadi di bulan Agustus hingga September 2023 kemarin kepemudaan desa melaksanakan kegiatan tahunan. Kegiatan olahraga, kegiatan, pembersihan, serta kegiatan sosial-sosial lainnya,”terangnya.

Disisi lain, pengadaan material pengerjaan jalan rabat beton yang berlokasi di dusun empat, semuanya telah terealisasi hanya saja program pengerjaannya menunggu anggaran Dana Desa (DD) tahap III 2023.

“Jadi menunggu pencairan tahap III 2023, pengerjaan jalan rabat beton akan langsung digenjot,”tegas kades.

Sementara, Ketua BUMDes Tekad Sejahtera Mano, La Ode Uda menyampaikan, telah menerima serah terima bantuan pengadaan freezer untuk menampung hasil tangkap ikan tuna.

Ketua BUMDes juga berharap dalam hal ini pemerintah kabupaten, provinsi dan juga pusat agar kiranya diberikan perhatian khusus terhadap BUMDes Tekad Sejahtera Mano, Desa Mano Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan.

“Karena desa Mano memiliki potensi SDA juga SDM yang tinggi, baik di komoditi sektor Perikanan, Petani, juga UMKM sangat menjanjikan untuk perekonomian masyarakat. Tetapi masih banyak program BUMDes Tekad Sejahtera yang belum terealisasi. “Ungkapnya.

Karena, dalam sehari nelayan bisa memasukan hasil tangkap ikan tuna ke penampungan Pt Perindo Panamboang di kisaran 3-4 ratus Kg hasil tangkap.

“Sementara untuk UMKM tim BUMDes telah menyediakan sarana prasarana berlokasi di dermaga desa Mano. Jadi ibu-ibu, anak-anak atau siapapun yang sudah didata, sudah kami sediakan tempatnya,”pungkasnya. (**)

Penulis : Zrikun 

Editor : Sukur 

Bagikan: