ads
ads
ads
ads

WEDA, TERBITMALUT.COM —  Menjawab keluhan masyarakat dan untuk meningkatkan pelayanan  kesehatan, Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Pemkab-Halteng), melalui Dinas Kesehatan menyerahkan satu unit mobil ambulance kepada Pemerintah Kecamatan Patani Timur, yang diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Halteng Ikram M. Sangadji, pada Minggu, (16/7/2023).

Penyerahan satu unit ambulance itu, Pj. Bupati Ikram M. Sangadji, didampingi oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Lutfi Djafar, kepada Camat Patani Timur, Iswan H. Badar, yang juga didampingi Kepala Puskesmas Desa Damuli Syam S. Yakub.

Kadis Kesehatan Halteng, Lutfi Djafar menyampaikan, penyerahan ambulance oleh pemerintah Kabupaten Halteng ini untuk menjawab keluhan masyarakat kecamatan Patani Timur, dimana setiap masyarakat yang sakit selalu menggunakan mobil pick up maupun mobil pribadi untuk pasien rujukan.

Sebelumnya, sudah ada satu unit mobil ambulance tetapi, sudah kondisi rusak. Sehingga Pak Bupati juga berpesan agar selalu menjaga fasilitas yang diberikan.

“Jangan dianggap milik pemerintah lalu tidak dijaga dengan baik. Maka harus dijaga dengan baik, supaya mobil ambulance ini bisa menjadi kebutuhan kesehatan untuk kalian (masyarakat),”pintanya.

Lutfi bilang, karena pemberian pemerintah untuk masyarakat itu bukan untuk dirusak, tetapi untuk dijaga seperti menjaga milik pribadi.

“Kalau tidak dirawat otomatis masyarakat yang tidak nyaman, sehingga Pemda jaga dan rawat demi kepentingan bersama bukan kelompok atau golongan,”tegasnya.

Bahwa, lanjut Lutfi, penyerahan mobil ambulance ini langsung digunakan oleh jamaah haji yang baru tiba dari kepulangannya menunaikan ibadah haji.

“Kebetulan ada jamaah haji yang mau pulang ke kampung halaman di desa Peniti dan sudah lansia sehingga pak bupati instruksikan menggunakan mobil ambulance agar jamaah haji bisa tidur dan aman serta nyaman sampai tempat tujuan,”ucapnya.

Dikatakannya bahwa mobil ambulance dianggarkan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2023, dengan pagu anggaran sebesar Rp.700 juta dengan sistem pembelian melalui katalog dan prosesnya alhamdulillah cepat.

“Pak Bupati sudah hubungi saya, kebetulan ada pasien asal Patani Timur yang dirujuk menggunakan mobil pick up, saya sudah katakan bahwa mobil sudah ada dan pada momen penerimaan 64 jamaah haji asal Halteng di Kediaman  PJ bupati,”tutupnya. (**)

Penulis : Uku

Editor : Sukur 

Bagikan: