ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Sebanyak 70 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di tiga Kecamatan di Kota Ternate, menerima bantuan hortikultura dari dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara.

Bantuan berupa bibit cabe dan tomat, pupuk, cultivator, mulsa, hand sprayer, viar dan argo itu, diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Utara, Syamsudin A Kadir kepada perwakilan Kelompok tani pada acara Gerakan Panen Komoditas Tomat di Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat, Minggu (10/12/2023).

Kegiatan Gerakan Panen Komoditas Tomat dan Penyerahan Bantuan Hortikultura yang mengusung tema,”Mendukung Upaya Konkrit Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Daerah di Maluku Utara” yang dihadiri Wali Kota Ternate, M.Tauhid Soleman, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Muhtar Husen Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly serta para penyuluh pertanian dan kelompok tani pada tiga Kecamatan di Kota Ternate.

Bantuan yang diberikan Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara kepada 70 Kelompok Tani di Kota Ternate berupa, cultivator 4 unit, mulsa 113 roll, hand sprayer 10 unit, pupuk 100 pics, argo 6 unit, benih cabe 725 sachet, bibit tomat 275 sachet serta kendaraan roda tiga viar 4 unit.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman  menyampaikan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Malut khususnya Dinas Pertanian yang telah menyerahkan bantuan untuk para petani di Kota Ternate.

“Bantuan ini sangat membantu petani di Kota Ternate, walaupun Ternate merupakan kota jasa dan perdagangan, namun sektor pertanian tetap menjadi perhatian Pemerintah Kota Ternate,”jelas Wali Kota.

Menurut Tauhid, sektor pertanian di kota ternate menjadi sangat penting karena berdasarkan data BPS, sektor pertanian kerap menjadi penyumbang inflasi.

“Untuk itu, kami berharap dengan bantuan ini, para petani lebih concern bertanam, sehingga ke depan kota ternate tidak lagi bergantung kebutuhan komoditas pada daerah-daerah lain,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga berharap, pada tahun-tahun mendatang, lebih banyak bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara untuk para petani di Kota Ternate,

“Karena jika produksi pertanian bagus, akan berdampak pada ekonomi masyarakat terutama petani,”ungkap Wali Kota.

Tauhid juga memberi apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, yang secara intens melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para petani di Kota Ternate.

Sementara itu, Gubernur Maluku Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Syamsudin A. Kadir memberikan motivasi bagi para petani di Kota Ternate.

“Teruslah menanam, karena petani adalah pahlawan, para petani yang memberi manfaat bagi banyak orang,” kata Sekprov.

Pemprov Malut, lanjut Sekprov, telah berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi-produksi petani di maluku utara, termasuk di kota ternate.

“Ayo menanam, karena profesi petani itu adalah pahlawan, karena banyak memberi makan bagi masyarakat,”tambahnya.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Syamsudin A Kadir didampingi Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, melakukan panen komoditas tomat yang ditanam di halaman kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Ternate Barat di Sulamadaha. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: