ads
ads

TOBELO,TERBITMALUT.COM — Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskomsandi) Kabupaten Halmahera Utara, akan memfasilitasi jaringan internet di 50 desa.

Hal itu setelah Diskomsandi menerima permintaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Utara.

Kepala Diskomsandi Halmahera Utara, Rymond N. Batawi, mengatakan, menindaklanjuti permintaan dari KPU, pihaknya akan memfasilitasi jaringan internet di sekitar 50 desa yang belum ada jaringan internet.

Padahal kata Rymond, kami sudah bangun komunikasi bersama Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD), guna untuk membangun atau mendorong salah satu akses internet, seperti diminta dari KPU.

“Maka dari itu, kami akan memfasilitasi akses internet dan DPMD harus wajib memfasilitasi atau membangun Infrastruktur desa,”kata Rymond Saat di wawancarai Terbitmalut.com Rabu, (3/1/2024).

Menurutnya, kolaborasi ini, kami sudah bangun dengan pihak Kecamatan dan pemerintah desa juga, guna untuk memfasilitasi jaringan internet berupa Wifi.

Bahkan pihaknya telah menganggarkan penyediaan jaringan internet di Januari 2024 ini. Tidaknya itu, Diskomsandi juga telah memasang akses internet, salah satunya di wilayah Kecamatan Loloda Kepulauan, dan itu hampir semua desa.

“Ini mengantisipasi di bagian-bagian wilayah yang belum memiliki akses internet, atau suda memiliki internet, tapi belum stabil. Kami hadir untuk mempermudah akses jaringan kepada masyarakat,”ungkapnya.

Dikatakan Kadis Diskomsandi, dalam menyambut Pemilihan Umum di tanggal 14 Februari 2024, Kita diminta oleh KPU agar menyediakan akses internet di 14 kecamatan di 50 desa.

“Seperti di wilayah Kao Teluk, Kao Utara Tobelo Barat, Tobelo Timur, Tobelo, Malifut, Tobelo Selatan, Galela Utara, Loloda kepulauan, Loloda Utara. Kami juga akan targetkan bulan Januari ini, atau kami maksimal di awal Januari, jaringan internet sudah bisa aktif secara umum di Halmahera Utara,”jelasnya.

Bukan hanya kali ini saja yang dipasang, lanjutnya, akan tetapi, di titik-titik desa yang dimaksudkan, dari 17 kecamatan, kami juga pastikan di 196 desa ini akan ada internet. Dan itu kita sudah upayakan dan targetnya yang nantinya di pasang, adalah desa-desa yang memiliki jaringannya kurang bagus.

“Karena kita juga akan membangun program jaringan, seperti Wifi. Apalagi sekarang jamannya semakin luas aksesnya. Memang jaman dulu tidak seperti sekarang, yang sudah di permudahkan masyarakat segala hal melalui akses jaringan internet maupun Wifi,”pungkasnya. (**)

Penulis : Nawir

Editor : Sukur 

Bagikan: