ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Sekretaris Daerah Kota Ternate, Maluku Utara, Dr. Rizal Marsaoly menyebutkan, di dalam Rancangan Awal, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Ternate tahun 2025-2045 itu, sudah terdapat beberapa garis-garis besar, seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Ternate. Baik itu bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang Perikanan, bidang pelayanan dan bidang perdagangan dan jasa.

Hal itu disampaikan Rizal Marsaoly usai membuka secara langsung Forum Konsultasi Rancangan Awal RPJPD Kota Ternate Tahun 2025-2045 bertempat di Ballroom Jati Hotel Kamis, (18/1/2024).

Hanya saja, menurut Rizal, di dalam RPJPD ini bersifat umum, yang akan di breakdown ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Ternate tahun 2025-2030.

“Agar dapat memudahkan kebijakan teknis kebawa sampai Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD),”jelasnya.

Dikatakan Rizal juga, bahwa harus butuh kehati-hatian ketika menyusun RPJPD karena ini menyangkut acuan pemerintah daerah Kota Ternate 20 tahun ke depan.

Kemudian, harus diperkuat data dan informasi, agar tujuan dari penyusunan RPJPD ini, sehingga ada root met atau peta jalan ini yang utama. Kalau kecepatan itu hal yang kedua.

“Karena percuma saja, ketika mau cepat-cepat, tapi tidak tahu arah dan tujuan ke mana. Maka, tujuannya RPJPD ini untuk memandu kita 20 tahun ke depan kita lakukan apa. Maka hari ini di lakukan lah Konsultasi Publik,”ungkapnya.

Rizal menambahkan, saya kira harus banyak di boboti dan dikoreksi lah agar penyusunan sebuah dokumen RPJPD ini semakin berkualitas.

“Sehingga, ketika konsultasi publik ini sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya kita akan bawa ke DPRD untuk dibahas, dan menjadi sebuah Dokumen RPJPD bukan lagi Rancangan Awal,”pungkasnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: