ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM —  Pasca dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly, terus melakukan road show  atau kunjungan kerja di setiap OPD, kali ini giliran Dinas PUPR Kota Ternate pada Senin, (19/2/2024) pagi tadi.

Menurut mantan Kepala Bappelitbangda Kota Ternate itu, bahwa kedisplinan seoran ASN harus menjadi prioritas, maka jangan dulu kita bicarakan kerja-kerja apa yang harus dilakukan, tetapi disiplin itu menjadi tolak ukur untuk melihat sejauh mana ASN menjalankan kerja-kerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Dikatkan Rizal, di saat ia memimpimpin apel pagi itu, dihadiri oleh Kepala Dinas, Pejabat struktural, ASN maupun PTT. Dan disitulah ia minta para Pejabat struktural, ASN maupun PTT agar menjadi mata bagian dari potret permasalahan kota ini.

“Maksudnya apa, agar ketika berjalan lalu melihat jalan yang berlubang atau pembangunan liar yang tidak sesuai peruntukannya, maka mereka lah yang menjadikan informasi itu untuk ditindaklanjuti atau di tangani,”kata Sekda saat diwawancarai.

Dan lanjut Rizal, kita tidak harus menunggu masyarakat menyampaikan permaslahan itu, baik di media massa, atau media sosial lainnya. Sehingga, tadi saya juga menegaskan bahwa ketika ada jalan berlubang, maka langsung ditangani menggunakan aspal kering.

“Misalnya pagi ada yang menemukan jalan berlubang di kota Ternate, maka di pukul 12.00 WIT sudah harus ditampal menggunakan aspal kering. Tidak ada cerita dan tidak perlu menunggu lama-lama dan itu diiakan langsung oleh kadis PU,”ungkap Sekda.

Sekda mengatakan, selain displin, kreaktif, inovatif harus juga dengan responsif dari seoarang ASN. Dan ASN itu harus peka terhadap dinamika yang memang terjadi di masyarakat, sehingga mempersempit ruang bagi masyarakat untuk melakukan komplen terhadap pemerintah.

“Karena, kita sudah menyikapi dengan cepat atas peroblem yang di alami oleh masyarkat lewat displin, kreaktif, inovatif dan responsif yang ditunjukan oleh ASN. Maka kita harus mencoba meruba pradigma seperti ini, dan harus ada persatuan, tidak lagi ada perbedaan antara kita, tidak lagi ada blok-blok di dalam OPD,”tegas Sekda.

Kemudian, kata Rizal, ia juga telah menekankan agar setiap bidang seperti Bina Marga, Bangunan Gedung dan Cipta Karya yang ada di PUPR sesegera mungkin dilakukan tender program kegiatan di tahun 2024 ini. Karena, SIRUP sudah selesai kemarin, sehingga dilakukan proses secara cepat, bila perlu perencanaannya dijalnkan dan paket-paket kegiatan harus segera dilelang.

“Karena, ada bebrapa program kegiatan yang bersifat urgen harus dilakukan di lapangan, contohnya, ada beberapa talud yang sudah ambruk akibat terjadi tanah longsor, kemudian saluran, jembatan dan jalan. Memanag aitem kegiatan seperti ini penting dilakukan atau dikerjakan diawal,”pungkasnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: