ads
ads
ads
ads

JAKARTA, TERBITMALUT.COM — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi lantik lima Pejabat Gubernur, di Ruang Sasana Bakti Kemendagri Jumat, (17/5/2024) pagi.

Pelantikan itu, berdasarkan Keputusan Presiden No. 60/P Tahun 2024 tanggal 16 Mei 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Gubernur , Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan pelantikan terhadap sejumlah pejabat gubernur.

Pejabat yang dilantik, diantaranya Syamsuddin Abdul Kadir sebagai Pj Gubernur Maluku Utara, Al Muktabar PJ Gubernur Banten, Bahtiar Baharuddin Pj Gubernur Sulbar, Moh Rudi Salahuddin Pj Gubernur Gorontalo dan Zudan Arif Fakrulloh Pj Gubernur Sulsel.

Seperti dilansir dari liputan6.com Mendagri Tito menyampaikan, pelantikan Pj Gubernur di lima daerah bertujuan untuk mengisi kekosongan roda pemerintahan dari Gubernur dan Wakil Gubernur yang masa jabatan sudah berakhir.

Selain itu, dipilihnya sejumlah pejabat gubernur ini didasari atas usulan-usulan atau penjaringan, baik dari DPRD, Bupati dan Wali kota, dan Pemerintah pusat.

Kemudian, lanjut Tito, untuk masa jabatan Pj Gubernur, akan berakhir hingga selesainya masa pilkada.

“Kemungkinan besar sampai bulan Januari 2025, Tetapi kalau terjadi sidang perselisihan di MK bisa saja terjadi lebih panjang,”ucapnya. (**)

Sumber : Liputan6.com

Editor : Redaksi

Bagikan: