TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate Kamis ( 29/02/2024) menerima laporan bahwa telah terjadi kondisi membahayakan jiwa manusia satu orang penumpang Kapal rute Ternate-Sanana terjatuh.

Kronologis kejadiannya, pada Rabu 28 Februari 2024 Sekitar pukul 18.00 WIT, KM Al Sudais 21 bertolak dari Pelabuhan A. Yani Ternate dengan tujuan Pelabuhan Sanana.

Hanya saja, sekitar Pukul 22.25 WIT Korban yang baru selesai buang air kecil dari kamar mandi dek 2 bagian buritan kapal dan sempat duduk diatas pagar pembatas kapal tiba-tiba Korban langsung terjatuh dari kapal, tepatnya di perairan Halsel sekitar pulau Kasiruta.

Selanjutnya saksi atas nama Sufri Umamit yang melihat kejadian tersebut berteriak dan melaporkan ke ruang Komando KM Al Sudais 21 dengan Nahkoda Bustamin Baya.

“Mendengar itu, KM Al Sudais melakukan upaya pencarian dengan melakukan putaran sebanyak 7 kali pada titik jatuhnya Korban namun hasil nihil. Selanjutnya menghubungi kapal yang melintas yaitu KM. Dorolonda dan meminta bantuan untuk menghubungi Basarnas, Syahbandar melalui telepon satelit,”kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Ternate, Bram Madya.

Menurut Bram, setelah menerima laporan, Basarnas Ternate berkoordinasi dengan instansi terkait guna rencana pencarian terhadap korban.

“Selanjutnya, Rescuer Basarnas Ternate dengan menggunakan RIB 04 bergerak menuju ke LKP untuk melakukan operasi pencarian,”ungkapnya.

Data Korban bernama Hayun Usia (47 tahun) alamat Akehuda, Kota Ternate.  Sementara unsur yang terlibat seperti Basarnas Ternate, Brimob Polda Malut, Polairud Polda Malut, Lanal Ternate, Masyarakat dan Keluarga. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: