ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kota Ternate melalui pemerintahan Wali Kota M. Tauhid Soleman dinilai berhasil dan bermanfaat kepada masyarakat Ternate salah satunya yaitu berkaitan dengan Bidang Kesehatan.

Komitmen Wali Kota Ternate di bidang kesehatan ini mendapat apresiasi dari Anggota Fraksi NasDem DPRD Kota Ternate, Nurlaela Syarif.

Menurut Nurlaela, di saat wali kota ternate menyetujui usulan Jaminan Kesehatan Masyarakat dalam bentuk Ternate UHC (Universal Health Coverage) senilai Rp. 23 miliar, sejak tahun 2022 sampai saat ini, maka hal ini terlihat jelas letak keberpihakan program prioritas bidang kesehatan dibawa komitmen Tauhid Soleman, bagi kesehatan warga yang tidak mampu. 

Saat ini, lanjut Nurlela, warga tidak mampu berobat sangat dimudahkan tidak perlu proses panjang. Jaminan kesehatan warga secara gratis akan didapatkan. Misalkan ibu-ibu hamil mau melahirkan, anak-anak yang sakit, lansia yang sakit, semua dengan mudah prosesnya akan dibantu oleh pemda dalam hal ini dinas kesehatan untuk mendapatkan kemudahan. 

“Tidak seperti sebelum-sebelumnya harus menunggu proses 15 hari kerja, saat ini hanya 1 hari pelayanan jaminan kesehatan warga langsung bisa di akses dengan mudah,”ucap Nurlaela kepada Terbitmalut.com Senin, (8/2/2024). 

Lebih lanjut politisi perempuan itu, menjelaskan di seluruh Indonesia level kabupaten/ kota tidak semua kepala daerah memiliki komitmen yang sama terhadap program jaminan kesehatan. Sehingga itu, patut di apresiasi komitmen wali kota untuk visi misi kesehatan andalan ini yang akan terus dijalankan sebagai bentuk komitmen pro rakyat.

“Kami berharap kedepan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, para tenaga medis, seperti dokter dan perawat, harus mengedepankan pelayanan maksimal. Dan tidak ada perbedaan setiap pasien yang sakit, apakah BPJS kesehatan bantuan Pemda atau mandiri, intinya semua harus mendapat prioritas pelayanan yang sama. Karena ini amanah undang-undang,”ungkap Nurlela. 

Untuk itu, anggota Komisi III DPRD Kota Ternate itu berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas jaminan kesehatan ini dengan baik, khususnya bagi ibu-ibu hamil dan lansia juga anak-anak. Tidak hanya itu, masyarakat juga diminta proaktif memanfaatkan pelayanan ini, sesuai harapan wali kota seluruh warga harus dipastikan jaminan kesehatannya diperoleh secara berkeadilan.

“Kami dari Fraksi NasDem DPRD Kota Ternate juga berkomitmen akan terus mengawal niat baik wali kota, untuk manfaat terhadap pelayanan kesehatan terus dapat dinikmati dengan baik bagi seluruh warga kota ternate,”tambahnya.

Editor : Sukur

Bagikan: