ads
ads
ads
ads

SANANA, TERBITMALUT.COM — Desa Fogi Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) merupakan salah satu desa yang banyak diminati para pendatang baru untuk menjalankan usaha.

Banyak pengusaha cenderung membangun usaha di sana, karena fasilitas umum berupa pasar berada di desa Fogi yang setiap hari ramai dikunjungi warga.

Meskipun menjalankan usaha di desa Fogi, namun tercatat banyak warga pendatang baru dari luar sula yang belum memiliki KTP Fogi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kepsul, Bambang Fataruba.

Bambang mengatakan, banyak orang dari luar daerah yang tinggal dan membangun usaha di desa Fogi, hanya saja mereka tidak memiliki KTP desa Fogi.

“Kalau mereka datang hanya mau membangun usaha lalu tidak membuat KTP di desa Fogi kan nanti kita yang rugi,”ucapnya.

Sementara PJ Kepala Desa Fogi, Habri Sanaba yang dikonfirmasi Terbitmalut.com, Senin (4/9/2023) mengatakan, terkait hal itu pihak desa sudah melakukan pendataan ulang.

“Saya sudah arahkan Ketua RT/RW untuk data warga masyarakat yang memang benar-benar mereka tinggal di Fogi yang memiliki Kartu Keluarga (KK) dan KTP,”terangnya.

Lebih lanjut, kat Habri, kemarin juga karena ada penambahan RT/RW sehingga alamat mereka itu berubah. Tapi alhamdulillah kita sudah buat pendataan.

“Karena sudah pendataan ulang, dalam waktu dekat ini kami akan mengundang Dinas Catatan Sipil untuk mereka buat perubahan alamat dan KK warga yang RT/RW nya berubah,” pungkasnya.

“Sebelumnya ada warga yang membangun usaha di Fogi tapi tidak tinggal di fogi namun mereka memiliki KTP Fogi, kemudian KTP itu mereka gunakan saat pemilihan di Pilkada tahun lalu,itu yang membuat kita jebol,”tambahnya (**)

Penulis : Ekhy Drakel

Editor : Sukur 

Bagikan: