ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, secara langsung membuka turnamen sepak bola gawang sedang Babullah Cup III tahun 2023 di Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate Jumat, (11/8/2023).

Dalam Pembukaan turnamen Babullah Cup III itu, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman didampingi, Ketua Koni Kota Ternate, M. Ghifari Bopeng, Sekretaris Koni Kota Ternate, Fauzan A Pinang, Camat Pulau Ternate, Kapolsek Pulau Ternate, Danramil 502 Pulau, Pulau Hiri dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua Pemuda Kelurahan Jambula, Fahri Robo.

Ketua Pemuda Jambula, Fahri Robo menyampaikan, memang ada maksud dan tujuan pelaksanaan turnamen Babullah Cup III di tahun 2023. Dan kegiatan ini murni program dari kepemudaan Kelurahan Jambula,

Menurutnya, program kepemudaan Kelurahan Jambula sudah berjalan selama 3 tahun. Dalam perjalanan itu kita sudah melaksanakan turnamen bola kaki gawang sedang sebanyak 3 kali.

“Dimulai dari tahun 2020 hanya saja ada Kasus Covid-19, maka kita tunda dan di tahun 2021 kita melaksanakan kembali turnamen bola kaki gawang sedang. Kemudian di tahun 202 kita kembali melaksanakan turnamen antar RT. Dan tahun 2023 ini kita buka secara umum,” katanya.

Wali Kota Ternate saat memasuki lapangan Babullah Kelurahan Jambula.

Dengan adanya turnamen seperti ini, lanjutnya, guna mengangkat minat dan bakat anak muda yang pada olahraga sepak bola di Kota Ternate dan terkhususnya Kecamatan Pulau Ternate.

“Walaupun dengan kondisi lapangan yang kurang memadai, yakni kondisi lapangan terlihat miring. Tapi tidak menjadi masalah untuk dilakukan turnamen bola gawang sedang Babullah Cup III ini,” ungkapnya.

Fahri menambahkan, memang lapangan ini yang sudah 50 tahun lamanya, tidak diperhatikan Pemerintah Kecamatan dan Pemkot Ternate.

“Dari lapangan Babullah inilah, melahirkan banyak pemain yang mengharumkan nama baik Persiter Ternate, Maluku Utara di kanca Nasional di waktu silam. Sehingga kita berharap agar menjadi perhatian Pemerintah Kota,”pintanya.

Sementara Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Camat Pulau Ternate, Ketua Pemuda Jambula dan Para panitia yang sudah mengundang saya untuk membuka turnamen bola kaki gawang sedang di sore ini, dalam rangka merayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia.

Kemudian dalam merespon apa yang disampaikan Ketua Pemuda terkait kondisi lapangan Babullah, Tauhid menyampaikan, kemarin ada tim PSSI Pusat yang datang ke Kota Ternate untuk meninjau kondisi Gelora Kie Raha, untuk dilakukan penilaian dan evaluasi agar Stadion itu akan direnovasi total, untuk dijadikan Home Base Malut United yang berlaga di Liga 2.

“Yang direnovasi salah satunya tribun gelora Kie Raha, sehingga Stadion ini betul-betul siap menjadi home base Malut United untuk berlaga di Divisi Liga 2. Maka Gelora Kie Raha itu hanya digunakan pada saat pertandingan saja,”tegangnya.

Kemudian, lanjut Tauhid, PSSI merekomendasikan kepada Pemerintah Kota, Malut United dan para pemangku kepentingan lainnya, agar memperbanyak lapangan-lapangan latihan.

“Maka Lapangan Jambula ini berpotensi menjadi salah satunya lapangan latihan atau dijadikan tempat turnamen yang layak di bawah Liga 2. Sehingga ini akan menjadi perhatian dan direkomendasikan nanti oleh Pemerintah,” tambahnya. (**)

Penulis : Uku 

Editor : Sukur 

Bagikan: