Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 18 Jul 2023 06:13 WIT ·

Ini Penjelasan Pihak Sekolah Terkait Video Viral Tentang Ijazah Siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate


 Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate, Taibjen. Foto : Terbitmalut.com Perbesar

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate, Taibjen. Foto : Terbitmalut.com

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Begini penjelasan lengkap pihak Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate, terkait postingan salah satu akun Tiktok @Nur196_6 yang merupakan guru di SMA N 1 Kota Ternate, terkait persoalan Ijazah di SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate, yang belum diambil oleh Siswa atas nama Suci Angriani Samat, lantaran Biaya Ijazah.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate, Taibjen usai melakukan pertemuan dengan Pihak Dinas Pendidikan Kota Ternate menyampaikan, sampai hari ini siswa atas nama Suci Angriani Samat belum datang ke Sekolah untuk mengambil Ijazah.

Menurutnya, pihak sekolah sudah memberikan Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk mendaftar di Sekolah lanjutan atau SMA. Lalu Suci ini mendaftar di SMA Negeri 1 Kota Ternate, hanya saja tidak diterima, pada saat itu dibantu oleh guru di SMA N 1 Kota Ternate, tidak lain pemilik akun tiktok @Nur196_6.

“Kemudian siswa ini merasa kesal dan menangis, lantaran tidak lulus di SMA N 1 Kota Ternate. Bukan kaitannya dengan Ijazah yang belum diambil di Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate. Hanya saja pengguna akun Tiktok @Nur196_6 berkesempatan mengambil Video saat ia menangis lalu memposting di Tiktok dengan kepsyen yang berbeda dengan video itu,”katanya kepada Terbitmalut.com di ruang kerjanya Selasa, (18/7/2023).

Lanjutnya, kepsyen video yang diposting itu menuliskan “Setelah diterima di SMA Negeri 10 Kota Ternate, belum lengkap berkas Suci untuk masuk SMA, Ijazah SMP belum ambil ternyata ada tunggakan 450 ribu,”.

Sehingga kami pihak Sekolah merasa kesal karena, nama Sekolah kami dibawa-bawah dalam kepsyen Video yang di posting di Media Sosial (Tiktok).

“Maka kami berharap agar pemilik atau pengguna akun tiktok @Nur196_6 yang juga guru di SMA N 1 Kota Ternate, untuk meminta maaf ke pihak Sekolah dan Yayasan di Media Sosial, untuk membersihkan nama Sekolah dan yayasan kami,”pintanya.

Terkait, uang Ijazah Rp. 450 ribu itu, lanjutnya, memang ada kesepakatan tertentu antara Pihak Sekolah dan Orang Tua siswa. Tapi, kita tidak terlalu fokus masalah uang, yang kita fokusnya adalah nama Sekolah dan yayasan kami yang dibawa-bawah dalam unggahan Video.

” Kami juga pernah menanyakan ke pemilik akun Tiktok @Nur196_6, terkait dengan pengambilan ijazah, dan beliau sampaikan belum pernah ke Sekolah untuk mengambil ijazah. Sehingga kami sampaikan tanpa komunikasi dengan pihak sekolah lalu yang bersangkutan memposting video seperti itu,”terangnya.

Taibjen pun menambahkan, terkait dengan pertemuan kami dengan Pihak Dinas Pendidikan itu, untuk dimintai kejelasan masalah itu dari pihak Dinas. Hanya saja, akun tiktok @Nur196_6 yang juga guru di SMA N 1 Kota Ternate, di konfirmasi tidak datang, bahkan sudah komunikasi dengan Pimpinannya yakni Kepala Sekolah, hanya saja pak Kepsek ada keluar daerah.

“Bahkan dari pihak sekolah SMA N 1 Kota Ternate, melalui PLH Kepsek juga sudah memanggil dan minta klarifikasi ke yang bersangkutan, hanya saja yang bersangkutan bersikeras tidak mau melakukan klarifikasi atas video yang di posting,” terangnya.

Terkait dengan Siswa ini sudah diterima di SMA N 10 dan itu sudah ikut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sana dan tidak ada masalah lagi, di Sekolah yang daftar kedua. Pada saat tidak lolos masuk di SMA N 1 Kota Ternate. Karena dia mendaftar menggunakan SKL yang diberikan dari Sekolah (SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate).

“Dan untuk Ijazah saat ini sudah ada dan siswa lain sudah mulai mengambil. Hanya saja Siswa ini belum datang ke Sekolah sampai hari ini,”Pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, sebuah video yang di upload oleh akun @Nur196_6 viral di media sosial Tiktok, Senin 17 Juli 2023 kemarin.

Video yang berdurasi 13 detik tersebut memperlihatkan seorang siswi perempuan bernama Suci Angriani Samad, yang sedang menangis.

Dalam video tersebut ada sebuah caption yang bertuliskan, “Setelah diterima di SMA Negeri 10 Kota Ternate, belum lengkap berkas Suci untuk masuk SMA, Ijazah SMP belum ambil ternyata ada tunggakan 450 ribu,“tulis akun tiktok Nur196_6 seperti diterima Terbitmalut.com melalui pihak sekolah.

Dan perlu diketahui juga, saat ini pengguna akun tiktok Nur196_6 telah menghapus Video yang diunggah kemarin Senin, (17/7/2023). (**)

Penulis : Uku

Editor : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 249 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dukung Pengembangan SDM, Pemkot Tikep Teken PKS dengan FIA-UI Jakarta

31 Januari 2024 - 13:14 WIT

Orang Tua Siswa Keluhkan Dugaan Pungli dari Oknum Guru di Salah Satu SD di Ternate

7 Januari 2024 - 11:23 WIT

2024, Disdik Kota Ternate dapat Kucuran DAK Rp.18 Miliar

25 Oktober 2023 - 08:45 WIT

Hadir di Kota Weda, Rumah Belajar ARkids Diapresiasi Orang Tua Siswa

21 Oktober 2023 - 07:40 WIT

Sempat Diberitakan Penyelewengan Gaji Guru, Kini Kepsek SDN 28 Halsel Telah Membayar Gaji Guru Selama 2 Bulan

14 Oktober 2023 - 11:22 WIT

Kepsek SDN 28 Halsel diduga Melakukan Penyelewengan Gaji Para Guru

13 Oktober 2023 - 13:39 WIT

Trending di Pendidikan