ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Sebanyak 3.166 pelajar sekolah tingkat dasar (SD) Negeri maupun swasta di Kota Ternate, mengikuti prosesi wisuda Baca Tulis Qur’an (BTQ).

Para siswa kelas VI SD di enam Kecamatan se-Kota Ternate itu, diwisudakan oleh Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, di lapangan Gelora Kie Raha Ternate Kamis, (15/6/2023) pagi tadi.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan, merasa bangga dan bersyukur bisa hadir dihadapan peserta wisuda yang hari ini menerima penghargaan atas upaya dan kerja keras mereka dalam mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.

Menurut Wali Kota, keberhasilan yang diraih hari ini adalah buah dari ketekunan, disiplin, dan kesungguhan mereka dalam menuntut ilmu agama.

“Saya yakin, tak mudah bagi mereka untuk meluangkan waktu dan energi untuk belajar Al-Qur’an di tengah kesibukan dan tuntutan tugas sekolah lainnya. Oleh karena itu, mereka patut mendapat apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya,”kata Tauhid saat memberikan sambutan.

Kata Tauhid, Wisuda adalah momen yang membuktikan bahwa Al-Qur’an masih menjadi pegangan utama dalam kehidupan umat Islam, terlebih lagi bagi generasi muda saat ini. Al-Qur’an juga merupakan sumber ilmu dan petunjuk hidup yang paling utama.

Untuk itu, lanjut Tauhid, hafalan dan pemahaman terhadap Al-Qur’an bukanlah sekadar pencapaian intelektual semata, tetapi juga merupakan jalan menuju kebahagiaan dan keberkahan hidup di dunia dan akhirat.

“Kepada para orang tua dan wali murid yang hadir di sini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas peran dan dukungan dalam membimbing dan menginspirasi para siswa-siswi kita,”ungkapnya.

Kemudian, tanpa dorongan dan motivasi dari orang tua, pencapaian luar biasa yang disaksikan hari ini tidak akan terwujud. Orang tua adalah teladan pertama dan pendidik utama bagi anak-anak. Untuk itu, mari teruslah berperan aktif dalam mendidik dan membimbing mereka agar selalu memiliki kedekatan dengan Al-Qur’an dan terus bersemangat dalam menuntut ilmu.

“Saya juga menyampaikan sebuah mengapresiasi ke para guru dan tenaga pendidik yang telah berperan penting dalam proses belajar mengajar di sekolah-sekolah dasar di Kota Ternate. Karena, guru adalah sosok yang berdedikasi, sabar, dan penuh kasih sayang dalam membimbing para siswa-siswi. Apalagi dengan segala upaya dan pengabdian dalam membentuk generasi Qur’ani yang berakhlak mulia dan berpotensi menjadi pemimpin masa depan yang cemerlang,”tambahnya.

Wali Kota juga menyampaikan pesan kepada para siswa dan siswi yang hari ini akan melangkah meninggalkan bangku sekolah dasar. Ingatlah bahwa perjalanan kalian dalam menuntut ilmu belum berakhir. Acara ini bukanlah akhir dari perjalanan kalian, tetapi justru merupakan awal dari perjalanan yang lebih besar.

“Al-Qur’an adalah kunci kesuksesan dan penuntun dalam hidup. Teruslah belajar, teruslah menghafal dan memahami Al-Qur’an, serta teruslah berbuat baik dan meneladani ajaran-ajarannya,”pinta Tauhid.

Berikut, daftar peserta wisuda BTQ tahun 2023 terdiri dari Kecamatan Ternate Utara sebanyak 775 orang, Kecamatan Ternate Tengah 1.070 orang, Kecamatan Ternate Selatan 929 orang, Kecamatan Ternate Barat 138 orang, Kecamatan Pulau Ternate 136 orang, Kecamatan Pulau Hiri 46 orang dan Kecamatan Pulau Moti 72 orang. Dengan demikian, total peserta yang mengikuti wisuda Tahfidz dan BTQ sebanyak 3.166 orang.

Dari 3.166 orang wisudawan/wisudawati itu, terdapat siswa Tahfiz Al-Quran dengan hafalan 30 Juz, yakni dari SD Alam Madani atas nama Aidah Ainun Bais.

Penulis : Sukur 

Editor : Redaksi

Bagikan: