ads
ads

Buka Rapat Trantib, Wali Kota Ajak Semua Pihak Jaga Ketentraman dan Ketertiban Pemilu 2024 di Kota Ternate

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ternate, menggelar rapat trantib (Ketentraman dan Ketertiban) Pemilu 2024 yang dipimpin oleh Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, yang berlangsung di di Kantor Wali Kota Ternate, Jumat (1/12/2023).

Rapat tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kota Ternate, sejumlah Kepala OPD, para Camat, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Wali Kota, M. Tauhid Soleman, menyampaikan pada tanggal 27 November lalu, Bawaslu Kota Ternate telah menggelar Apel Siaga Pemilu yang dilakukan serentak oleh semua penyelenggara Pemilu khususnya pengawas Pemilu termasuk para perwakilan partai.

Maka hari ini, Saya menyampaikan terima kasih khususnya untuk Kesbangpol yang sudah menggagas kegiatan ini, sebagai ikhtiar kita karena musim kampanye itu berlangsung sejak tanggal 28 Oktober 2023 sampai tanggal 11 Februari 2024.

“Pada pelaksanaan kampanye, tidak menutup kemungkinan ada gesekan, tersebarnya berita hoax, atau isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, terutama dari oknum-oknum yang berharap agar kualitas, kenyamanan, kondusifitas dan kedamaian pemilu terganggu,”tutur Wali Kota.

Khusus untuk Camat, lanjut Tauhid, agar turut mengawasi dan memonitor perkembangan-perkembangan politik secara langsung pada wilayah masing-masing baik itu di tingkat kelurahan sampai di tingkat RW dan RT.

“Kita harus antisipasi berbagai kemungkinan, apalagi dengan kemajuan teknologi dan alat komunikasi saat ini, isu-isu negatif dapat cepat sekali menyebar,”ucap Tauhid.

Wali Kota menambahkan, saat ini pemerintah daerah bersama TNI, Polri, Kejaksaan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua pihak dapat membangun sinergi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Apalagi kota ternate pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) masuk dalam kategori rawan tinggi, jadi saya berharap dengan bersama-sama kita bersinergi, stigma negatif rawan Pemilu itu akan hilang,”tegasnya.

Wali Kota juga berharap dengan diadakannya rapat Trantib Pemilu, dapat terkumpul masukan-masukan, sehingga menjadi brainstorming menuju pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berlangsung aman dan damai. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: