ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Setelah berjalan 3 bulan, kinerja Pamong izin Kelurahan dilakukan evaluasi dan monitoring secara langsung oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) selaku OPD yang mengkoordinir pelaksanaan inovasi Pamong Izin di Kelurahan.

Sekretaris DPMPTSP Kota Ternate, Nuryani Amra yang juga selaku Koordinator Pamong Izin Kelurahan menyampaikan, bahwa tim Monitoring dan Evaluasi melakukan pemantauan langsung di seluruh Kelurahan selama 2 bulan, sejak Oktober hingga November 2023.

“Dari Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kinerja Pamong Izin Kelurahan sejak aktif beroperasi dari Bulan Agustus 2023 menunjukan performa yang cukup baik. Meski masih terdapat kendala dalam ketersediaan jaringan internet,”ucapnya kepada Terbitmalut.com Rabu, (13/12/2023).

Karena, menurut Nuryani, sebagian kelurahan belum memfasilitasi penyediaan jaringan internet. Dirinya berharap semoga di tahun 2024 seluruh Kelurahan sudah tersedia jaringan wifi.

“Karena memang, antusiasme masyarakat dalam hal ini pelaku usaha mikro di kelurahan juga cukup tinggi untuk mengurus izin usaha. Mereka merasa sangat terbantu dengan hadirnya Pamong Izin di Kelurahan,”ucapnya.

Dikatakan Nuryani, karena sekarang masyarakat atau pelaku UMKM sudah tidak perlu jauh-jauh ke kantor DPMPTSP untuk membuat NIB (Nomor Induk Berusaha), cukup ke kantor lurah setempat yang lebih dekat, sehingga layanan pun lebih cepat terakses.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh Pamong Izin Kelurahan, atas kinerjanya sehingga jumlah penerbitan NIB meningkat pesat dalam 3 Bulan mencapai 2.024 NIB. Ini menunjukan ada kemudahan dalam perizinan dan peningkatan kapasitas UMKM di Kota Ternate,”pungkas Nuryani. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: