ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly berpeluang besar menjabat Sekretaris Daerah Kota Ternate, yang bakal dilantik Wali Kota bersamaan dengan tiga Kepala OPD lainnya, yang saat ini masih diisi pelaksana tugas (PLT).

Hal tersebut diketahui, setelah Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah Kota Ternate tahun 2023 mengumumkan hasil penilaian akhir seleksi terbuka jabatan Sekda Ternate.

Hasil Pengumuman itu, tertuang dalam nomor: 27 Pansel-JPT/2023 tentang Tiga Besar Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Ternate Tahun 2023.

Berdasarkan hasil seluruh tahapan seleksi mulai dari hasil penilaian assessment, penilaian makalah, wawancara dan rekam jejak peserta, maka panitia seleksi terbuka JPT Sekkot Ternate mengumumkan tiga besar calon pejabat pimpinan tinggi pratama Sekkot Ternate.

Dari ketiga nama calon Sekda, Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly memperoleh nilai tertinggi, yakni 226,80. Posisi kedua ditempati Kepala BPKAD, Abdullah Hi M Saleh dengan nilai 221,65. Sedangkan Sekwan DPRD, Aldhy Aly mendapat nilai 211,84.

“Keputusan Panitia Seleksi JPTP Kota Ternate tahun 2023 tidak dapat diganggu-gugat. Demikian pengumuman ini disampaikan untuk dimaklumi dan menjadi perhatian,” bunyi surat  pengumuman yang ditandatangani Ketua Pansel, Prof Dr Saiful Deni pada Jumat, (22/12/2023).

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, hasil uji kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di tiga OPD, termasuk hasil Seleksi Terbuka Sekretaris Daerah (Sekda) pihak panitia seleksi sudah serahkan kepada Wali Kota, dan akan diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Jadi tinggal menunggu persetujuan dari KASN. Setelah disetujui, maka di awal Januari 2024 mendatang, akan dilakukan pelantikan,”ucap Samin Jumat, (29/12/2023).

Menurut Samin, BKPSDM masih menunggu, untuk mengantisipasi supaya di bulan Desember 2023 jangan dulu dilakukan pelantikan lantaran tenggang waktu untuk Sekda sampai pertengahan Januari 2024 dan itu sudah harus definitif.

“Karena uji kompetensi JPT, kami cukup melaporkan saja dan kami berharap agar KASN secepatnya keluarkan persetujuan supaya pelantikan nanti pada Januari 2024 bisa bersamaan dengan Sekda Kota Ternate,”tambahnya.

Diketahui, tiga kepala OPD yang mau dilantik bersamaan dengan Sekda Kota Ternate, diantaranya Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Daerah (DPPKB) Kota Ternate, Dukcapil Kota Ternate dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, yang saat ini masih diisi pelaksana tugas. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: