TERNATE, TERBITMALUT.COM — Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate, Damish Bashir menjadi narasumber pada kegiatan Digital Talent Scholarship (DTS) dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA).

Kegiatan tersebut bertemakan “Pelatihan Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah” yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado.

Kegiatan tersebut digelar di gedung Aula Dinas Pendidikan Kota Ternate, Kelurahan Maliaro Jumat, (15/3/2025/4) dan diikuti oleh para peserta yang berkecimpung dalam bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) Kota Ternate, Drs. Hadi Hairuddin, yang juga sebagai narasumber.

Dalam kesempatan itu, Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Damish Bashir menyampaikan, kegiatan ini sangat membantu bagi para pelaku usaha dan tadi pesertanya banyak dari pelaku UMKM.

“Memang kegiatan ini sebagai bahan informasi, edukasi dan pengalaman bagi Pemerintah Kota, khususnya terhadap para pelaku UMKM di Kota Ternate,”katanya.

Untuk itu, Damish berharap agar kegiatan seperti terus berkelanjutan, karena masih banyak yang harus disasar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado.

Karena kemarin 14 Maret, mereka juga menggelar pelatihan aplikasi perkantoran bagi guru dan tenaga kependidikan Kota Ternate, yang dipusatkan di SMPN 3 Kelurahan Gambesi.

“Jadi banyak target atau sasaran seperti pengembangan aplikasi perkantoran bagi guru dan tenaga kependidikan dan hari ini sasarannya adalah Pelaku UMKM dengan kegiatan pelatihan aplikasi UMKM berbasis Syariah. Dan besoknya ada kegiatan juga, jadi targetnya adalah masyarakat,”ungkapnya.

Damish menambahkan, untuk para pelaku usaha atau bisnis, yang usahanya sudah maju atau sukses, harus tetap belajar juga. Karena saat kita berada pada era digital 4.0 agar tidak ketinggalan akan kemajuan teknologi.

“Maka kita harus memiliki dan bisa menguasai serta memahami kemajuan teknologi, karena persaingan yang banyak dan kompleks, untuk itu kita harus melekat pada digital untuk berinovasi dan kreatif dalam memasarkan produk,”terangnya.

Diharapkan juga kepada para pelaku usaha agar dapat memanfaatkan kesempatan ini, untuk mendapatkan ilmu dan sharing pengalaman sebanyak-banyaknya.

“Guna mengembangkan usaha yang lagi dirintis, sehingga dapat mempekerjakan orang lain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,”harapnya.(**)

Editor : Sukur

Bagikan: