ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara menggelar Rapat Paripurna ke-23 masa sidang III tahun 2023 dalam rangka Hari Jadi Ternate (HAJAT) Ke-773 bertempat di ruang Paripurna DPRD Kota Ternate, Jumat (29/12/2023).

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy menyampaikan, DPRD Kota Ternate mengapresiasi berbagai keberhasilan yang telah dicapai oleh pemerintah Kota Ternate dibawah kepemimpinan M. Tauhid Soleman.

Terutama, kata Muhajirin, yang bersentuhan dengan kepentingan dan kebutuhan rakyat di daerah ini melalui berbagai kebijakan yang berpihak kepada masyarakat, sebagaimana tertuang dalam visi, misi yaitu “Mewujudkan Kota Ternate Yang Mandiri dan Berkeadilan dan salah satu misinya adalah “Meningkatkan Kemampuan Daerah Dalam Penyediaan Pelayanan Publik Yang Berkualitas”.

“Khususnya di bidang Pembentukan Perda, sejak terbentuk DPRD tahun 1999 hingga saat ini, DPRD Kota Ternate bersama Pemerintah Daerah telah menghasilkan berbagai produk hukum daerah baik Peraturan Daerah, Keputusan DPRD dan keputusan Pimpinan DPRD, Keputusan maupun Rekomendasi dan kebijakan DPRD lainya,”ucapnya.

Kemudian, lanjut Gusjir, sapaan karib Muhajirin Bailussy, di tahun 2023 ini, DPRD telah menghasilkan 6 (enam) Peraturan daerah, baik atas usul pemerintah maupun inisiatif DPRD. Sehingga, kedepannya DPRD akan tetap concern memaksimalkan tugas-tugas untuk kepentingan masyarakat dan daerah ini.

Namun demikian, kami menyadari sepenuhnya, sebagai manusia, belum memuaskan publik di daerah ini secara optimal. Karena itu, berbagai saran, koreksi dan kritikan maupun catatan-catatan kritis dari publik selalu kami respons dengan sungguh-sungguh sebagai bentuk masukan dan sikap kebersamaan yang bijak dari public terhadap lembaga ini.

“Karena itu, untuk saling mengingatkan, demi perbaikan dan kemajuan lembaga ini maupun kemajuan dan kejayaan kota Ternate yang insha Allah lebih baik, sebagaimana yang selalu di ikhtiarkan oleh leluhur kita melalui filosofis “rubu-rubu rame-rame, moro-moro fo maku ise, marimoi ngone futuru”,tutur Ketua Dekot itu.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan, tema “Ternate Bersih, Ternate Sehat” yang kita angkat pada perayaan Hari Jadi Ternate ke-773 ini, bukanlah sekadar rangkaian kata, melainkan sebuah komitmen untuk membentuk Ternate yang lebih baik, lebih hijau, dan lebih sehat.

Sehingga, tema ini mencerminkan kepedulian kita terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Ternate Bersih, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan tugas bersama kita semua.

“Karena, saat ini, tantangan lingkungan semakin kompleks, dan kita perlu bersatu untuk menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Mari bersama-sama melibatkan diri dalam program kebersihan, mengurangi penggunaan plastik, dan mendukung upaya pelestarian alam,”jelas Tauhid.

Menurut Tauhid juga, Ternate Sehat, bukan hanya berbicara tentang pelayanan kesehatan, tetapi juga mencakup gaya hidup sehat. Mari bersama-sama mendorong kesadaran akan pentingnya hidup sehat, mulai dari pola makan yang baik hingga aktifitas fisik secara teratur. Sehat bukan hanya hak, tetapi juga tanggung jawab kita bersama.

“Untuk itu, menangani persoalan kebersihan kota tentu bukanlah hal mudah dimana kita diperhadapkan kepada peningkatan jumlah penduduk atau populasi yang terus bertambah dengan tidak diimbangi oleh daya dukung lingkungan serta tingkat konsumsi masyarakat sebagai sala satu ciri umum kehidupan perkotaan,”ungkapnya.

Mantan Sekda Kota Ternate itu juga menambahkan, maka persoalan kebersihan lingkungan dan persampahan merupakan masalah paling yang umum terjadi di berbagai daerah, termasuk di negara-negara yang maju sekalipun, meskipun capaian kemajuan teknologi di negara-negara maju telah mampu memberi solusi dalam penanganan sampah dan kebersihan lingkungan hidup sekitar.

“Meskipun demikian, dalam mewujudkan Ternate Bersih, Ternate Sehat juga bukanlah hal sulit jika adanya kesadaran kolektif untuk bersama-sama menyelesaikannya melalui gerakan kolaboratif dan gotong royong di setiap lingkungan masing-masing. Hal ini tentunya akan memberi dampak yang berarti bagi upaya untuk mewujudkan Ternate Bersih, Ternate Sehat,”pungkasnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: