Menu

Mode Gelap

Ternate · 19 Sep 2023 12:48 WIT ·

PUPR Gelontorkan Rp.30 Miliar Untuk Pembangunan Tiga Kecamatan Terluar


 Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus'an M. Nur Taib. (Dok. Edo Huka) Perbesar

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus'an M. Nur Taib. (Dok. Edo Huka)

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah menggelontorkan anggaran 20-30 persen dari APBD Induk tahun anggaran 2023 untuk Pembangunan di tiga Kecamatan Pulau Terluar seperti, Kecamatan Pulau Moti, Pulau Hiri dan Barang Dua.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M. Nur Taib mengatakan, pagu anggaran untuk Kecamatan Pulau Batang Dua saja sebesar Rp.19 miliar, Kecamatan Pulau Moti hampir Rp. 5 miliar dan Pulau Hiri juga sama, hanya saja ada Pembangunan Jembatan Penyeberangan sehingga kurang lebih Rp. 7 miliar lebih untuk Hiri.

“Maka ini menjadi komitmen pemerintah yang diinstruksikan secara langsung oleh Wali Kota. Maka bayangkan saja anggaran sebesar Rp. 30 miliar lebih itu, kita peruntukan untuk tiga kecamatan Pulau terluar,” katanya Senin, (18/9/2023) kemarin saat diwawancarai Terbitmalut.co bersama sejumlah media lainnya.

Rus’an juga menyampaikan, ke depannya kita juga akan bersama-sama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku Utara, untuk penanganan banjir atau normalisasi saluran primer atau barangka.

“Maka saat ini PUPR akan menyiapkan perencanaan untuk digunakan oleh BWS sebagai usulan anggaran fisiknya. Karena, BWS juga mensupport, sehingga kita akan masukan ke APBD Perubahan tahun anggaran 2023,”ungkapnya.

Kadis PUPR juga menambahkan, dari total Rp. 30 miliar lebih itu, untuk Pulau Batang Dua dan Hiri itu ada pekerjaan jalan dan Talud penahan ombak. Sementara di Moti ada juga Pekerjaan Jalan dan Talud penahan ombak termasuk pembangunan lainnya seperti rumah ibadah dan TPQ.

“Memang di tiga kecamatan Pulau terluar itu merupakan wilayah rawan bencana apalagi di Batang Dua itu kan laut bebas, tidak sama dengan Moti dan Hiri,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Ternate Beri Bantuan Sosial Kepada Keluarga Korban Kebakaran Rumah

1 Maret 2024 - 08:48 WIT

Wali Kota Minta OPD Buat Permintaan Pembayaran TPP ASN di BPKAD Sebelum Ramadhan

1 Maret 2024 - 07:58 WIT

Tahun Depan, Rumdis TNI/Polri dan Jalan Tani di Batang Dua Dibangun

29 Februari 2024 - 07:18 WIT

Perumda Air Minum Ake Gaale Terus Meningkatkan dan Maksimalkan Pelayanan Air Bersih di Hiri dan Moti

29 Februari 2024 - 06:16 WIT

Sekda Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, Sebanyak 95 Daftar Usulan Dibahas

28 Februari 2024 - 13:44 WIT

Investasi Pelayanan Air Minum Yang dibangun Oleh Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate

28 Februari 2024 - 07:56 WIT

Trending di Ternate