ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M. Tauhid Soleman meninjau kebersihan laut kawasan Pandara Kanangan, Selasa (9/1/2024).

Peninjauan ini setelah satu hari sebelumnya, Perumda Air Minum (PAM) Ake Gaale bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate melaksanakan aksi sosial bersih-bersih sampah di laut sekitaran kawasan Pusat Kuliner Pandara Kananga.

Peninjauan itu, Wali Kota di dampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Ternate, Muhammad Syafei bersama Kepala Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pengendalian Kawasan Disperkimtan Kota Ternate, Rosita Tauda. 

Petugas Satgas Saat Mengangkut berbagai jenis sampah yang mengapung di laut, Senin, (8/1/2024).(Foto.Istimewa)

“Kunjungan pak Wali tadi tidak lepas dari perhatian terhadap sampah. Apalagi beberapa hari kemarin sempat terjadi tumpukan sampah termasuk di laut,” Muhammad Syafei saat diwawancarai Terbitmalut.com usai mendampingi Wali Kota ke lokasi.

Menurut Syafei, sebagaimana hasil peninjauan, kondisi laut di sekitaran Pandara Kanangan sudah cenderung bersih jika dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

Untuk itu, kita juga sampaikan kepada pak wali untuk melihat kondisi tambatan perahu yang berada tepat di sisi selatan Kantor Disperindag Kota Ternate. Karena Menurutnya, di lokasi tersebut kondisinya masih sangat dipenuhi berbagai jenis sampah.

“Kalau kita lihat kondisi di lapangan (tambatan perahu), mamang sudah cukup lama tidak diangkut. Jadi Pak Wali minta kita bakti lagi,”jelasnya.

PLT Dirut Perumda Air Minum Ake Gaale itu juga menekankan, aksi bersih-bersih sampah bukan berarti mengambil alih kerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Namun, setiap OPD memang harus bersinergi untuk menangani sampah. Termasuk Lurah dan masyarakat yang tinggal di wilayah setempat,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: