Menu

Mode Gelap

Tidore · 14 Sep 2023 09:41 WIT ·

Wali Kota Tikep Hadiri Gala Dinner Lokakarya APEKSI Wilayah VI di Kota Palopo


 Walikota Tidore Kepulauan, Capt, H. Ali Ibrahim. (Dok.Humas Pemkot Tikep) Perbesar

Walikota Tidore Kepulauan, Capt, H. Ali Ibrahim. (Dok.Humas Pemkot Tikep)

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Walikota Tidore Kepulauan, Capt, H. Ali Ibrahim yang juga selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komwil VI menghadiri Gala Dinner, yang merupakan rangkaian Lokakarya Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) VI di Pelataran Rujab, Kota Palopo, Rabu, (13/9/2023) malam.

Kota Palopo menjadi tuan rumah pelaksanaan Lokakarya Komwil VI APEKSI dengan Tema “Mewujudkan Kota Sehat untuk Semua,” yang akan digelar pada tanggal 13 sampai 15 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir yang diselenggarakan oleh pengurus Apeksi Komwil VI di tahun 2023.

Semoga kegiatan ini menjadi referensi bagi kota-kota lain, menyamakan sudut pandang dalam rangka mewujudkan masyarakat kotanya yang sehat, karena Kota sehat merupakan impian bagi setiap warga negara. Hidup yang lebih panjang, menuai kebahagiaan dalam kehidupan bukan hal yang naif.

Sehingga, untuk mewujudkan kota berdimensi kesehatan, ada indikator pokok, indikator utama dan indikator operasional yang harus dipenuhi.

“Maka guna mewujudkan kota sehat tidak akan dapat dibebankan kepada pemerintah saja, namun Kota sehat harus dilakukan multi stakeholder, masyarakat, dunia usaha, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemerintah harus bahu membahu mewujudkan hal tersebut, agar tema kegiatan ini dipilih, karena kesehatan menjadi hal penting sebagai bentuk pelayanan dasar pemerintah kota kepada masyarakatnya,”kata Wali Kota.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemerintah kota anggota Apeksi Komwil VI atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan kegiatan, kehadiran, serta kepada Tim Sekretariat Apeksi Komwil VI dibawah komando Bapak Dr. Abd. Talib Mustafa, M.Si, sebagai ujung tombak pelaksana seluruh kegiatan dari pengurus APEKSI Komwil VI.

“Atas nama ketua APEKSI Komwil VI juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Palopo yang berkenan menjadi tuan rumah lokakarya APEKSI tahun 2023 ini. Semoga partisipasi kota-kota untuk kegiatan tahun depan diharapkan lebih baik lagi meskipun telah memasuki tahun pemilu dan pemilukada.”hrap Ali Ibrahim.

Dalam lokakarya ini, lanjut Wali Kota, saya selaku Walikota Tidore juga menugaskan dua orang jajaran di Dinas terkait untuk belajar di Kota Palopo, bagaimana regulasi dan apa saja hal terkait dengan layanan Jemput Antar warga yang sakit.

“Semoga di kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan terkait penjemputan pasien seperti di Kota Palopo, perlu dicontoh,” ungkapnya.

Manajer Sekretariat Apeksi Komwil VI, Dr. Abdul Thalib Mustofa,  menyampaikan, dalam waktu dua hari akan melakukan Lokakarya Kota Sehat, hal ini bermula dari melihat Kota Palopo yang sukses meraih penghargaan sebagai Kota Sehat.

“Untuk itu, pada tanggal 14 September 2023, dilaksanakan Lokakarya di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, pada lokakarya ini akan diisi sharing session dan discussion session yang kemudian dilakukan peninjauan lapangan “Wisata Sehat” di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wara Selatan, Setelah kunjungan lapangan, dilanjutkan city tour ke sirkuit Ratona motor sport (Kelurahan Songka) dan Banua Wisata di Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara Kota Palopo,”katanya.

Sementara, Wali Kota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir, menyampaikan, terima kasih atas kehadiran seluruh delegasi di Kota Palopo. Kota Palopo ini mempunyai Gelar Kota Wisata Kesehatan, Kota yang pertama di negeri ini yang mendapatkan penghargaan Terkait layanan BPJS gratis bagi warga Kota.

“Termasuk, juga tersedia layanan Jemput Antar, kalau ada warga yang sakit, tinggal telepon layanan JA, maka akan dijemput untuk diobati, bila perlu ke RS, akan diantar, namun harapan kiranya Kota Palopo lebih baik kedepannya,” tambah Wali Kota. (**)

Penulis : Hartini 

Editor : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wakili Wali Kota, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Hadiri Pelantikan PMII Kota Tikep

1 Maret 2024 - 12:35 WIT

DPMPTSP Kota Tikep Buat Syukuran Pemindahan Kantor Baru

1 Maret 2024 - 08:18 WIT

Sekda Tikep Buka Rakor Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa

29 Februari 2024 - 12:09 WIT

Wali Kota Tikep Terima Kunker Ketua Sinode Gereja Masehi Injil Halmahera Provinsi Maluku Utara

29 Februari 2024 - 06:49 WIT

Sebanyak 83 Putra dan Putri dari SMA/MA Se-Kota Tidore Kepulauan Ikuti Seleksi Paskibraka

29 Februari 2024 - 01:26 WIT

Pemkot Tikep dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Malut Teken MoU Pengelolaan Keuangan

28 Februari 2024 - 04:47 WIT

Trending di Tidore