Menu

Mode Gelap

Ternate · 11 Agu 2023 07:22 WIT ·

Selain MoU, Wali Kota Juga Beri Kuliah Umum Tentang Kolaborasi Penanganan Sampah Berbasis Partisipatif di UMMU


 Penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman bersama Rektor UMMU, Prof. Dr. Saiful Deni bertempat di lantai 3 gedung Rektorat Jumat, (11/8/2023). Perbesar

Penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman bersama Rektor UMMU, Prof. Dr. Saiful Deni bertempat di lantai 3 gedung Rektorat Jumat, (11/8/2023).

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate bersama Universitas Muhamadiyah Maluku Utara (UMMU) melaksanakan penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi Dalam Mengatasi Permasalahan Sampah Kota Ternate.

Penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman bersama Rektor UMMU, Prof. Dr. Saiful Deni bertempat di lantai 3 gedung Rektorat Jumat, (11/8/2023) pagi tadi.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat memberi Kuliah Umum di Kampus UMMU.

Selain Penandatanganan MoU, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman berkesempatan memberikan materi Kuliah Umum tentang “Kolaborasi Penanganan Sampah Berbasis Partisipatif”.

Dalam kesempatan itu, Tauhid menyampaikan, Ternate merupakan kota yang kecil. Namun, Kota Ternate terus mengalami berkembang, hanya saja kita masih diperhadapkan dengan berbagai problem sosial kemasyarakatan.

Selain bertambahnya kawasan permukiman, lanjut Tauhid, yang berdampak pada ketersediaan lahan, permasalahan kota berkembang lainnya juga berkaitan dengan air bersih dan sampah yang menjadi masalah secara bersama.

“Maka kita butuh kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi. Sehingga kita juga butuh masukan dari kampus UMMU, agar permasalahan kota terutama sampah bisa teratasi,”kata Wali Kota.

Sebagai lembaga intelektual, kata Tauhid, kampus dapat memberikan kontribusi positif dalam berbagai program dan kebijakan pemerintah.

“Sehingga kita berharap agar UMMU ikut bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi berbagai problem perkotaan terutama penanganan sampah, yang sudah disusun dalam program Penanganan Sampah Berbasis Partisipatif,”ungkapnya.

Untuk menangani masalah sampah itu, Ketua DPD NasDem Kota Ternate itu menambahkan, Pemerintah Daerah terus berupaya agar Ternate bebas dari sampah. Maka Tentunya, untuk menanggulangi masalah sampah, butuh keterlibatan semua pihak termasuk peran mahasiswa dan masyarakat.

“Karena, Pemerintah Kota, telah berkomitmen melalui visi misi untuk mengatasi masalah sampah dengan metode kolaborasi. Ini bagian bentuk komitmen kita, agar Ternate bersih dari sampah maka butuh kerja sama semua pihak terutama UMMU,”terangnya.

Sementara Rektor UMMU, Prof. Dr. Saiful Deni juga menyampaikan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkot yang telah memilih UMMU untuk menyampaikan, Materi Kuliah Umum.

“Sebagai wadah Kolaborasi, UMMU siap tetap siap berkolaborasi berkelanjutan, sehingga terciptanya iklim akademik yang baik di lingkungan kampus,” ungkapnya.

Tidak hanya, lanjut Rektor, UMMU juga membutuhkan asupan dan perhatian dari Pemerintah Kota, sehingga dengan adanya Penandatanganan Kerjasama ini, sebagai fokus kolaborasi yang berkelanjutan.

Memang permasalahan sampah di Kota Ternate ini, menjadi perhatian dan menjadi tanggung jawab kita secara bersama. Karena UMMU juga berasal di dalam Wilayah Kota Ternate.

“Tentunya, kami dari pihak Kampus (UMMU) juga akan berkontribusi dengan melibatkan program studi teknis dalam mengelola sampah di Kabupaten Kota, termasuk Kota Ternate,” tambahnya. (**)

Penulis : Uku 

Editor : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Ternate Beri Bantuan Sosial Kepada Keluarga Korban Kebakaran Rumah

1 Maret 2024 - 08:48 WIT

Wali Kota Minta OPD Buat Permintaan Pembayaran TPP ASN di BPKAD Sebelum Ramadhan

1 Maret 2024 - 07:58 WIT

Tahun Depan, Rumdis TNI/Polri dan Jalan Tani di Batang Dua Dibangun

29 Februari 2024 - 07:18 WIT

Perumda Air Minum Ake Gaale Terus Meningkatkan dan Maksimalkan Pelayanan Air Bersih di Hiri dan Moti

29 Februari 2024 - 06:16 WIT

Sekda Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, Sebanyak 95 Daftar Usulan Dibahas

28 Februari 2024 - 13:44 WIT

Investasi Pelayanan Air Minum Yang dibangun Oleh Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate

28 Februari 2024 - 07:56 WIT

Trending di Ternate