TERNATE, TERBITMALUT.COM Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Ternate, Muhammad Syafei mengatakan, tahun ini Pemerintah Kota Ternate akan memberikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 unit.

Menurutnya, tahun ini anggaran bantuan RTLH di Disperkimtan Kota Ternate diperuntukkan 5 unit rumah untuk Masyarakat Kota Ternate. Dan itu sudah disiapkan, tinggal kita melakukan verifikasi di lapangan dan Pak Wali Kota Ternate akan menetapkan.

“Setelah ditetapkan oleh Wali Kota, baru kita eksen dan ini memang sama halnya dengan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Seperti  kita siapkan materialnya dan yang bangun adalah Warga yang mendapat bantuan RTLH,” katanya saat diwawancarai Terbitmalut.com Senin, (12/6/2023).

Ketika ditanyakan bantuan RTLH 5 unit itu tersebar di Kelurahan mana?. Muhammad Syafei mengatakan, yang pastinya di Wilayah Kota Ternate. Kemudian ada juga bantuan penanganan bencana, dan itu kita sudah identifikasi beberapa rumah termasuk di Kelurahan Rua yang mengalami kerusakan.

“Hanya saja kasus yang di Kelurahan Rua, mereka bangun rumah diatas pondasi Talud. Sehingga talud patah maka, otomatis rumah juga ikut patah. Sehingga jika kita bangun lagi rumahnya, harus di lokasi yang aman, tidak bisa pondasi di atas talud harus buat baru pondasi nya yang aman dari tanah longsor,”ungkapnya.

Kemudian, jika tetap bangun di atas talud penahan tanah maka, harus dibuat talud penahan tanah yang aman dari BPBD Kota Ternate terlebih dahulu. Sehingga Disperkimtan sifatnya menunggu untuk menyalurkan bantuan jika lokasi sudah aman.

“Termasuk di Kecamatan Pulau Hiri, yang akan konsultasi ulang dengan Pak Wali Kota Ternate, untuk di SK kan,” tambahnya.

Penulis : Sukur 

Editor   : Redaksi

Bagikan: