ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Didaulat menjadi narasumber pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XXVI Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Banau Universitas Khairun Ternate, Selasa (19/9/2023).

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim memaparkan ciri-ciri mewujudkan Pemerintah yang Akuntabel, sesuai topik diskusi SNA, yaitu Peranan Profesi Akuntan dalam meningkatkan Akuntabilitas Pemerintah Daerah.

“Dalam mewujudkan pemerintah yang akuntabel, kita perlu untuk menyajikan informasi dalam penyelenggaraan pemerintah secara cepat, tepat dan terbuka kepada masyarakat, serta memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan, juga memberikan ruang kepada publik untuk bisa terlibat dalam pembangunan dan pemerintahan,”katanya.

Ali Ibrahim menambahkan, dalam meningkatkan akuntabilitas Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan harus mampu mempertanggungjawabkan dan menjelaskan secara proporsional setiap kebijakan kepada masyarakat, juga terdapat sarana publik guna menilai pencapaian kegiatan pemerintah dan pelaksanaan program.

Di hadapan para akuntan yang mengikuti simposium nasional itu, Wali Kota juga memaparkan capaian kinerja Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam penyelesaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), terhitung mulai tahun 2014 hingga tahun 2022 Pemerintah Kota Tidore Kepulauan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 9 kali berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Maluku Utara.

“Selain capaian WTP 9 kali berturut-turut atas penyelesaian LKPD, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan juga menjadi satu-satunya Kota di Provinsi Maluku Utara yang mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan RI, berupa dana insentif fiskal sebesar Rp.10 miliar lebih, atas capaian kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Tahun 2023,”ungkapnya

Di akhir pemaparannya, Walikota Tidore Kepulauan dua periode, yang juga selaku Ketua Ikatan Alumni Unkhair Kota Tidore Kepulauan ini berharap, kunjungan peserta Simposium Nasional Akuntansi (SNA) di Kota Tidore Kepulauan pada Hari Rabu, 21 September 2023 dapat memberikan satu kesan tersendiri bagi peserta SNA.

Perlu diketahui, Simposium Nasional Akuntansi yang berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 19 hingga 21 September 2023 ini diikuti oleh 200 lebih Akuntan dari seluruh Indonesia, dan dihadiri oleh, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A Kadir, Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Dr. Ardan Adiperdana, Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Prof. Dian Agustia, Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Tri Wibowo Aji.

Penulis : Sukur 

Bagikan: