ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 Tingkat Kota Tidore Kepulauan secara resmi dibuka oleh Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt, H. Ali Ibrahim, yang ditandai dengan pemukulan Tifa, di Pelataran Masjid Agung Nurul Yaqin, Kelurahan Gurabati, Kecamatan Tidore Selatan, Sabtu (17/2/2024).

Upacara pembukaan MTQ Ke-30 Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 ini diawali dengan Defile Kafilah dari 8 Kecamatan se-Kota Tidore yang diiringi oleh kelompok Marching Band dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Tidore dibawah asuhan Kasnotes dan Iskandar Alam dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah MAN 1 Kota Tidore Farudin Ismail. 

Upacara pembukaan MTQ ke- 30 Tingkat Kota Tidore Kepulauan ini juga diawali dengan Pelantikan Dewan Hakim oleh Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt, H. Ali Ibrahim, berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Tidore Kepulauan Nomor 18.4 Tahun 2024 tentang Pengangkatan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 yg diketuai oleh H.Humaidy M. Saleh dengan 19 anggota dan lima Panitera.

Di kesempatan itu, Ali Ibrahim mengatakan, salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan keagamaan MTQ ini.

Sehingga, kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan Kalam Ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif daripada kitab suci Al-Qur’an bagi umat Islam, tentunya dengan harapan bahwa hal tersebut akan semakin mempengaruhi kualitas dari Sumber Daya Manusia Masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

“Kami berharap generasi muda muslim mempunyai identitas sebagai Generasi Qur’ani juga tidak hanya sekadar sanggup membaca Al-Qur’an, tapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian Inilah salah satu ciri dari SDM unggul sesuai dengan napas Al-Qur’an sehingga besar harapan kami melalui MTQ ke 30 ini, akan mampu mewujudkan tatanan masyarakat serta generasi muda yang religius dan memiliki akhlak yang Qur’ani.” kata Wali Kota. 

Untuk itu, Wali Kota mengharapkan  MTQ ini tidak semata-mata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al- Qur’an, MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka.

Untuk itu, lanjut Wali Kota, selain   bentuk dakwah untuk   menyempurnakan akhlak kaum Muslimin dan Muslimah serta Nilai-nilai silaturahim dan kebersamaan yang tercipta antar-kafilah di arena MTQ ini, juga akan semakin kokoh dan akan menjadi sebuah media untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah. 

Tak lupa, orang nomor satu di Kota Tidore kepulauan ini juga mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, atas terselenggaranya MTQ ini sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumberdaya manusia yang telah menjadi program Pemerintah Daerah.

“Sehingga melalui moment ini, mari kita semua bertekad, untuk menjadikan kota ini sebagai daerah yang selalu aman, nyaman dan damai serta masyarakatnya senantiasa sejahtera, mari sama-sama kita wujudkan Kota Tidore sebagai Kota Santri,”ajak Ali Ibrahim.

Saya juga berpesan kepada seluruh masyarakat terutama masyarakat di Kelurahan Gurabati bahwa pemilu 2024 telah selesai, berbeda pilihan adalah hal yang wajar.

“Namun, jangan kita jadikan perbedaan itu merusak silaturahmi diantara kita, mari kita bergandeng tangan untuk mewujudkan Tidore Jang Foloi yang kita semua harapkan,”jelasnya.

Sementara, Laporan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan yang juga selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk Sebagai wahana syiarnya Islam melalui partisipasi aktif masyarakat dalam rangka membentuk tatanan masyarakat madani dan generasi Qur’ani yang berakhlaqul kharimah, serta menyiapkan peserta terbaik dari masing-masing cabang lomba untuk berkompetisi pada MTQ Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2024 di Sofifi.

“Kgiatan MTQ ke-30 tingkat Kota Tidore Kepulauan ini berlangsung selama 7 hari dimulai tanggal 17 Febuari sampai dengan 23 Febuari 2024 di Masjid Agung Nurul yaqin. Dan peserta yang berpartisipasi pada MTQ ke-30 ini sebanyak 161 peserta dan 82 orang pelatih yang tersebar di delapan kecamatan se-Kota Tidore,”ungkapnya. 

“Cabang yang dilombakan pada MTQ Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 terdiri dari Cabang Tilawatil Qur’an, Cabang Hifzhil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Khattil Qur’an dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an,” tambah Sekda. (**) 

Penulis : Hartini

Editor   : Sukur 

Bagikan: