ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM Peringatan Isra Miraj ini harus dimaknai sebagai bagian dari revolusi mental, utamanya dalam memantapkan karakter kita sebagai bangsa yang memiliki potensi, yang memiliki talenta individual yang kuat, kaya intelektualnya dan pikirannya, serta memiliki jiwa mandiri dan spirit untuk berdikari.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, saat membacakan sambutan Wali Kota Tidore Kepulauan pada Peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1445 Hijriyah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan bekerja sama dengan Baznas Kota Tidore Kepulauan di Aula Sultan Nuku Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Rabu (7/2/2024).

Mengawali sambutan, Ismail mengatakan Peristiwa Isra Miraj menunjukkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT atas segala sesuatu, yang dengan Izin-Nya, maka suatu kejadian dapat terjadi, oleh karena itu kewajiban kita adalah percaya dan meyakini sebagai bentuk ketakwaan kita kepada-Nya.

“Dalam momen yang penuh barakah ini, mari kita tingkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dan memperbanyak ibadah serta doa. Marilah kita nikmati setiap detik peringatan Isra Miraj ini sebagai peluang untuk memperbaiki diri, memperdalam pengetahuan agama, dan meraih keberkahan dalam setiap langkah hidup kita,”ucap Ismail

Ismail juga mengajak kepada semua agar terus teguhkan kebhinekaan mewujudkan masyarakat Indonesia yang rukun, terutama di Kota Tidore Kepulauan yang masyarakatnya aman dan damai, bermoral dan berbudaya, serta mampu menjaga perbedaan dalam kemajemukan.

“Mengingat beberapa hari ke depan kita akan melaksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Calon Legislatif. Mari kita jaga daerah tercinta ini agar hajatan nasional tersebut dapat kita laksanakan dalam keadaan yang aman dan lancar, tanpa adanya perpecahan. Kita galang kebersamaan diantara kita, perlihatkan bahwa kita memiliki persatuan dan kesatuan yang tinggi karena rasa aman dan nyaman di Kota Tidore Kepulauan merupakan harga mati,”ucap Ismail

Peringatan Isra Miraj Tahun 1445 H/2024 M yang mengangkat tema “Mari Tingkatkan Iman dan Takwa kepada Allah SWT melalui Peringatan Isra Miraj Tahun 2024” diisi dengan penyampaian Hikmah oleh Al-Ustadz H. Hidayatussalam Sehan.

Al-Ustadz H. Hidayatussalam menyampaikan, hari ini kita hadir ditempat ini untuk memperingati peristiwa besar yang hanya satu kali selama alam ini diciptakan dan hanya bisa dialami oleh satu orang di alam ini, yakni Rasulullah SAW. Peristiwa besar yang dikenal dengan peristiwa Isra Wal Mi’raj.

“Pada momentum Isra Miraj ini kita harus lebih mengingat diri pada akhirat, untuk itu kita harus mengimaninya dengan keimanan yang ada didalam diri kita dan harus perbanyak shalawat,”tutur Al-Ustadz. 

Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tidore Kepulauan, Sahnawi Ahmad, dalam laporannya menyampaikan tujuan dari pelaksanaan peringatan Isra Miraj ini adalah sebagai forum silaturahim antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat dan elemen strategis lainnya guna membangun kebersamaan.

Sebelum mengakhiri laporan, Sahnawi menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Walikota, Wakil Walikota, dan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan atas bimbingan, arahan, dan petunjuk sehingga peringatan Isra Miraj ini dapat dilaksanakan.

Peringatan Isra Miraj ini juga dilakukan pemberian santunan oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan kepada 20 orang yang berhak menerima berupa uang tunai sebesar 1 juta rupiah yang bersumber dari Baznas Kota Tidore Kepulauan.

Turut hadir pada Peringatan Isra Miraj ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan, Forkopimda, Pimpinan OPD, Ketua BKMT Kota Tidore Kepulauan, Ketua MUI Kota Tidore Kepulauan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (**) 

Penulis : Hartini

Editor   : Sukur 

Bagikan: