ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo bersama Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan, Abdurrahman Arsad menghadiri sekaligus menerima Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester II tentang penyusunan anggaran belanja daerah TA 2022 dan tahu anggaran 2023 sampai dengan Oktober 2023 yang sudah sesuai dengan kriteria pemeriksaan BPK.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) semester II diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Maluku Utara, Marius Sirumapea yang diawali dengan penandatangan berita acara. Berlangsung di Auditorium Kantor BPK Maluku Utara, Jumat (12/1/2024)

Kepala BPK, Marius Sirumapea  sambutannya menyampaikan, pada pemeriksaan semester II tahun 2023 ini telah dilakukan pemeriksaan pada 11 objek, yang terdiri dari 9 pemeriksaan, dengan tujuan tertentu yakni penyusunan anggaran dan belanja daerah dan 2 pemeriksaan kinerja yang tersebar di kabupaten kota, pemeriksaan tersebut dilaksanakan berdasarkan metodologi pada petunjuk pelaksanaan dan Petunjuk Teknis yang ditetapkan oleh BPK.

“Pemeriksaan ini dilakukan berdasarkan standar Pemeriksaan keuangan Negara (SPKN). Standar tersebut mengharuskan BPK untuk merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan agar memperoleh keyakinan yang memadai, Dan kami sampaikan juga pemeriksaan dan kepatuhan bertujuan untuk memberikan kesimpulan dan rekomendasi,”ucap Marius

Mengakhiri sambutannya, Marius mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Provinsi, Kota dan Kabupaten atas dukungan dan kerjasama selama proses pemeriksaan berlangsung.

Ia juga meminta agar selalu bersama-sama, berusaha dan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

“Kami berharap agar hasil pemeriksaan tersebut dapat memberikan dorongan dan Motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban APBD,”imbuh Marius

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, menyampaikan, laporan yang telah diterima akan ditindak lanjuti, dan apa yang kurang akan dibenahi.

Untuk itu, Sekda berharap kepada semua Organisasi Perangkat Daerah agar dapat memberikan data sesuai dengan yang diminta dan tetap menjaga Opini Wajar Tanpa Pengecualian agar mencerminkan pengelolaan keuangan Kota Tidore yang semakin baik.

Penyerahan dihadiri langsung Oleh Pj.Gubernur Maluku Utara, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Ketua DPRD kabupaten/Kota Provinsi Maluku Utara, Kepala Daerah Bupati/Walikota Kabupaten/Kota Provinsi Maluku utara, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Maluku Utara dan Inspektur Kabupaten/Kota di Maluku Utara. (**)

Penulis : Hartini

Editor : Sukur 

Bagikan: