ads
ads
ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Sebanyak 21 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tidore Kepulauan melaksanakan Seminar Rancangan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Tahun 2024, di Hotel Ayu Lestari Ternate, Selasa (21/5/2024).

Pelaksanaan Seminar Rancangan Aksi perubahan ini menghadirkan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir Mulyadi Wowor dan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara, Dr Abubakar Abdullah sebagai penguji.

Plt Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Yakub Husain mengatakan, Pemkot Tikep di bawah kepemimpinan Capt, H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen, dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemda terus berupaya untuk setiap tahunnya dapat memberikan kesempatan kepada para ASN yang memegang jabatan untuk mengikuti pendidikan berjenjang.

Baik itu Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) atau PIM II, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) atau PIM III maupun Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKS) atau PIM IV.

“Yang jadi menarik dari mengikuti pelatihan kepemimpinan ini adalah para peserta menyiapkan aksi perubahan dan dari aksi perubahan tersebut mereka ingin mengembangkan menjadi sebuah inovasi di berbagai tupoksi atau pendidikan yang mereka jalani,”ujarnya.

Sebagai Mentor, Yakub menambahkan, dengan pendidikan jenjang ini selain mendapatkan ilmu untuk pengembangan SDM, para peserta ini juga bisa mengelola tugas atau fungsi yang diberikan secara baik.

“Sehingga, aksi perubahan nantinya dijadikan sebuah inovasi yang bermanfaat bagi pemerintah Daerah maupun masyarakat di Daerah tersebut,”jelasnya.

Senada juga disampaikan, oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Syofyan Saraha yang juga selaku Mentor pada beberapa Reformer PKA ini mengatakan, Pada Tahun 2024 ini Pemerintah Daerah mengirimkan sebanyak 21 ASN Kota Tidore Kepulauan untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator.

“Alhamdulillah ini adalah bentuk langkah maju setelah tahun kemarin juga Pemda selalu mengirim ASN untuk mengikuti PKA, sehingga untuk tahun ini sebanyak 21 orang, ini juga merupakan satu langkah maju bagi BKPSDM untuk peningkatan SDM, dengan harapan agar aksi perubahan yang digagas oleh 21 reformer ini menjadi inovasi buat Pemerintah Kota Tidore,”tuturnya.

Dengan inovasi yang digagas ini, ia pun berharap agar ke depan dapat meningkatkan indeks inovasi daerah di tingkat Nasional.

“Sehingga ke depan Kota Tidore bisa meraih daerah dengan kategori Inovasi tinggi, walaupun perlu ke inovasi sangat tinggi,”harapnya.

Pada pelaksanaan seminar Rancangan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) ini terdapat 21 ASN yang tersebar di Setiap OPD di Kota Tidore Kepulauan dengan menghadirkan para mentor yaitu Kepala Pimpinan Perangkat Daerah tersebut.

Untuk diketahui 21 ASN Kota Tidore yang mengikuti PKA Tahun 2024 diantaranya, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tidore Kepulauan Ridwan Hadji, Inspektur Pembantu Wilayah I pada Inspektorat Daerah Mansur Ismail, Inspektur Pembantu Wilayah III pada Inspektorat Daerah Siti Fatimah Ismail, Kabid Mutasi pada BKPSDM Khairunnisa Mahmud, Camat Oba Tengah Muhammad Abdullah.

Dan juga Kabid Pemerintahan, Pembangunan Manusia dan Perekonomian Bappelitbang Kota Tidore Nur’aini Stoffel, Pengembangan pada Bappelitbang Kota Tidore Ramli Saraha, Kabid Politik, Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya Dan Organisasi Kemasyarakatan pada Badan Kesbangpol Sabandia Abubakar, Kabid Aset Daerah pada BPKAD Marwiah Abdurahman, Kabid Perbendaharaan pada BPKAD Kota Tidore Samsul Bahri Ache.

Kabid Perumahan pada Dinas Permukiman dan Perumahan lqbal M Daaly, Kabid Sumber Daya Air pada Dinas PUPR M. Jaelani Hamid, Kabid Penataan Ruang pada Dinas PUPR Malik A. Rahman, Kabid Pembinaan Sekolah Menengah Pertama pada Dinas Pendidikan Halik Suleman, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan Yakub Ismail.

Kabid Perhubungan Darat pada Dinas Perhubungan Fitra Radjabessy, Kabid Sosial Budaya pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gesti Kelian, Kepala Bagian Ekonomi pada Sekretariat Daerah Nurlaila Yasin, Camat Tidore Selatan Abdul Kadir Din, Kabid Kepemudaan pada Dinas Pemuda dan Olahraga Stella Novita Mamole, dan Kabid di BKPSDM Kota Tidore Farid Abdurrahman. (**)

Penulis : Hartini

Editor : Sukur

Bagikan: