ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Sebanyak 83 Putra dan Putri terbaik Kota Tidore Kepulauan yang tersebar di SMA/MA se Kota Tidore Kepulauan mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024.

Seleksi Paskibraka tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, di Arena pendopo open space, Selasa (27/2/2024). 

Wali Kota menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mengucapkan selamat kepada para siswa – siswi yang terpilih untuk menjadi peserta seleksi calon Paskibraka Tingkat Kota Tidore Kepulauan, sekaligus nantinya dapat terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi Maluku Utara dan Nasional tahun 2024.

“Semoga  anak-anakku sekalian sukses mengikuti seleksi Paskibraka dengan baik, karena hari ini Kota Tidore Kepulauan melakukan tahapan seleksi calon peserta Paskibraka,dengan harapan mampu menjadi pengibar bendera Sang Merah Putih terbaik yang akan ditugaskan di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara bahkan ke tingkat nasional, yang mampu tampil enerjik dan lebih unggul dan bersaing secara sehat,”ucap Ali Ibrahim

Menurutnya, semua itu tentu harus diperjuangkan sejak dini, karena selain memerlukan pengorbanan juga memerlukan niat, tekad, semangat dan kerja keras yang kuat serta keuletan dan ketekunan dari para peserta. 

Wali Kota juga berpesan kepada Kesbangpol Kota Tidore Kepulauan bersama tim seleksi agar melaksanakan seleksi ini sebagaimana yang diamanatkan dalam ketentuan peraturan yang berlaku dan atau peraturan teknis pelaksanaan seleksi Paskibraka tahun 2024. 

Sehingga, seleksi ini dapat menghasilkan calon Paskibraka yang dapat membawa nama baik daerah Kota Tidore Kepulauan, di tingkat provinsi maupun nasional.

“Kepada anak-anak peserta calon Paskibraka agar dapat mengikuti seleksi secara serius, siapkan mental dan fisik kalian serta juga kesehatan selama seleksi berlangsung, Besar harapan kami, kepada anak-anakku sekalian agar menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa, pertahankan kedekatan, persaudaraan, dan kekompakan ketika kalian terpilih, teruslah melangkah ke depan, menapaki perjalanan karir menuju masa depan yang lebih baik,”pintanya.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tidore Kepulauan, Drs. Muslihin dalam laporannya mengatakan, Program Paskibraka merupakan pemimpin program bangsa yang berkarakter Pancasila, Paskibraka bukan semata – mata sebagai pengerek bendera melainkan sebagai bagian dari penyiapan calon pemimpin Indonesia masa depan yang mampu memahami dan mengamalkan nilai Pancasila.

Selain itu, Paskibraka adalah putra dan putri terbaik yang merupakan kader bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang untuk melaksanakan tugas mengibarkan/menurunkan Bendera Pusaka atau Duplikat Bendera Pusaka.

“Peserta yang mengikuti seleksi hari ini merupakan putra dan putri terbaik hasil seleksi di tingkat sekolah sederajat dan berasal dari 28 SMA/SMK/MA di Kota Tidore yang duduk di kelas X, sebanyak 83 siswa yang terdiri dari 40 putra dan 43 putri yang akan mengikuti seleksi selama tiga hari dari hari selasa tanggal 27 Februari sampai dengan 29 Februari 2024,”ungkap Muslihin. 

Pembukaan Seleksi Paskibraka Kota Tidore Tahun 2024 ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan seleksi Paskibraka Kota Tidore Tahun 2024 Amar Fathin dari SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan dan Riska Damayanti Doni SMA Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan. (**) 

Penulis : Hartini

Editor   : Sukur 

Bagikan: