ads
ads

TIDORE, TERBITMALUT.COM — Unit Pelayanan Dialisis Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan resmi dilaunching oleh Wali Kota Tidore Kepulauan, yang diwakili oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Yakub Husain.

Acara launching ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Kenaikan Kelas Rumah Sakit yang berlangsung di Lantai II Gedung Stroke Center, RSD Kota Tidore Kepulauan, Rabu (7/2/2024).

Yakub Husain mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh beberapa pihak terkait bersama tim yang telah bekerja keras dalam mengupayakan Pelayanan Dialisis atau yang sering disebut layanan cuci darah, akhirnya dapat dilakukan di Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan, setelah diresmikan gedungnya pada tahun 2020 lalu.

“Sebuah perjalanan yang panjang, namun patut kita sadari bersama bahwa layanan ini membutuhkan sebuah persiapan yang matang bukan hanya dari bangunan saja. Namun juga dari Sumber Daya Manusia, dimana pada tahun 2023 beberapa dokter dan perawat sudah mengikuti pelatihan, yang nantinya akan menyempurnakan pelayanan dialisis di RSD Kota Tidore Kepulauan,”tuturnya.

Yakub menambahkan, Pelayanan Dialisis juga tentunya akan mempermudah masyarakat Kota Tidore Kepulauan, sehingga tak perlu jauh-jauh lagi melakukan cuci darah.

“Untuk itu, diharapkan dengan layanan Dialisis ini tentunya akan menjadi sebuah berkah bagi para pasien yang mengalami gangguan ginjal akut, sehingga dapat memperpanjang harapan hidup dengan kualitas hidup yang cukup baik”ungkapnya.

Yakub juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga pelayanan Dialisis dapat dilaksanakan di Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan.

“Semoga pelayanan di Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan akan semakin lengkap, semakin mempermudah masyarakat untuk memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan yang terbaik,”harapnya.

Sementara, Direktur Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan, dr. Fajar Wibowo dalam laporannya menyampaikan, sejak tahun 2019 Rumah Sakit Kota Tidore Kepulauan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dibangun 1 unit Pelayanan Dialisis yang berlokasi di Kota Tidore Kepulauan, Gedung unit dialisis dibangun pada bulan Juni 2019 dan diresmikan pada Desember 2020 oleh Walikota Tidore Kepulauan.

“Unit ini dibangun dengan tujuan agar masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang didiagnosa CKD dapat terlayani di RSD Tidore tanpa harus dirujuk ke RS Chasan Boesoerie Ternate. Pada tahun 2020 RS membeli/mengadakan 1 unit mesin dialisis dan 4 unit mesin dengan kerjasama operasional antara RS dengan salah satu perusahaan khusus mesin dialisis,”ungkapnya.

Launching Unit Pelayanan Dialisis Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Yakub Husain didampingi Direktur Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan, dr. Fajar Wibowo, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan tindakan hemodialisis terhadap 2 pasien di ruangan tindakan. (**)

Penulis : Hartini 

Editor : Sukur 

Bagikan: