Menu

Mode Gelap

Daerah · 19 Agu 2023 10:30 WIT ·

Kapolda Pimpin Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Taman Makam Pahlawan Banau Kota Ternate


 Kapolda Malut, Irjen Pol. Midi Siswoko saat melakukan Penandatanganan Kesepakatan Deklarasi Damai Pemilu (Dok.Humas Polda) Perbesar

Kapolda Malut, Irjen Pol. Midi Siswoko saat melakukan Penandatanganan Kesepakatan Deklarasi Damai Pemilu (Dok.Humas Polda)

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Menjelang tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, Forkopimda Provinsi Malut, Penyelenggara Pemilu (KPU) dan Partai Politik menghadiri Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 yang digagas oleh Direktorat Intelkam Polda Maluku Utara, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Banau Kota Ternate, Jumat (18/8/2023) malam.

Kapolda Malut, Irjen Pol. Midi Siswoko, dalam sambutannya, mengatakan pada tanggal 14 februari 2024 mendatang Indonesia akan menyongsong pesta demokrasi yang merupakan sarana untuk mewujudkan Kedaulatan rakyat dalam bernegara untuk menentukan, memilih calon Kepala Negara dan juga Calon Wakil Rakyat.

“Pelaksanaan pesta demokrasi yang akan diselenggarakan, maka eksistensi Polri dalam penyambutannya, siap untuk ikut serta dalam menjaga keamanan, ketertiban dan menjaga netralitas selama proses tahapan penyelenggaraan pemilu,”katanya.

Akan tetapi, lanjut Kapolda, dalam penyelenggaraannya serta proses dan mekanisme pemilihan umum tidak jarang menimbulkan pelanggaran dan kejahatan. Untuk itu Polri beserta jajaran merupakan lembaga negara yang bertugas untuk memelihara keamanan selama pemilu berlangsung.

“Untuk mewujudkan pemilu yang aman, tertib, damai, sejuk dan bermartabat, tidak semata-mata merupakan tugas Kepolisian saja. Tentunya memerlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk itulah melalui momentum ini, Kepolisian daerah Maluku Utara menggelar deklarasi damai bagi penyelenggara pemilu, parpol, dan stakeholder.

“ Tempat Makam Pahlawan Banau dijadikan sebagai lokasi deklarasi damai dan waktu yang terasa asing dimaksudkan untuk kita semua bisa merenungkan jasa-jasa para pahlawan yang begitu gigih memperjuangkan kemerdekaan. Sehingga, Kita yang sekarang ini tidak menyia-nyiakan akan jasa-jasanya, tapi hanya dituntut untuk jujur menciptakan Pemilu Damai,”ucapnya.

Irjen Pol. Midi juga mengharapkan serta menghimbau untuk mewujudkan pemilu aman, damai dan sejuk, diantaranya masyarakat diharapkan mampu menyadari situasi yang sedang dihadapi dan bijak mengambil sikap.

“Bagi peserta pemilu agar mengedepankan kampanye yang terhormat serta bermartabat untuk mencegah perpecahan dan keterbelahan bangsa yang tidak berujung permusuhan, kerusuhan, apalagi perpecahan,” pintanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil menambahkan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Deklarasi Damai serta Penandatanganan Kesepakatan Deklarasi Damai oleh Peserta Pemilu, Penyelenggara Pemilu, dan Stakeholder provinsi Maluku Utara.

“Karena dalam perjalanan menuju Pemilu Tahun 2024, marilah saling jaga kerukunan, saling mendengarkan dan bersama-sama menjaga marwah demokrasi, jangan ada yang menghasut, memprovokasi, ujaran kebencian serta tidak ada yang menggunakan isu SARA dan hal-hal yang bersifat konotasi negatif,”tambahnya (**)

Penulis : Uku

Editor : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wali Kota Ternate Hadiri Rapat Persiapan Kongres JKPI Ke-VI di Jakarta Pusat

23 Februari 2024 - 11:00 WIT

Hasil Real Count Sementara KPU RI, Partai Golkar Unggul di Maluku Utara, Disusul PDIP dan NasDem

16 Februari 2024 - 10:02 WIT

Pemkot Tikep Kembali Usulkan 1.672 Kuota Calon PNS Maupun P3K Tahun 2024 ke Kemenpan-RB

6 Februari 2024 - 07:04 WIT

Gelar Apel Pergeseran Pasukan, Polda Terjunkan 845 Personel Backup Pengamanan TPS di Maluku Utara

6 Februari 2024 - 04:46 WIT

845 Personil Polda Malut Diterjunkan Untuk Pengamanan di Setiap TPS

5 Februari 2024 - 09:47 WIT

Satu Penumpang Speed Rute Ternate – Makian Dilaporkan Terjatuh di Laut

26 Januari 2024 - 08:00 WIT

Trending di Daerah